Butuh Bantuan, Korban Tsunami di Pulau Sebesi Masih Terisolasi

Butuh Bantuan, Korban Tsunami di Pulau Sebesi Masih Terisolasi

Pulau Sebesi di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, yang lokasinya tak jauh dari Gunung Anak Krakatau, seolah menjadi pulau tak berpenghuni. Seluruh penduduknya mengungsi ke perbukitan, menghindari gelombang tsunami yang menerjang permukiman mereka.

Para korban berharap, pemerintah daerah segera turun tangan untuk membantu.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (25/12/2018), salah satu sudut Pulau Sebesi, Lampung Selatan, menggambarkan layaknya kawasan permukiman yang tak berpenghuni. Mulai dari sampah, hingga berbagai barang yang rusak, juga puing-puing bangunan berserakan di hampir seluruh sudut permukiman.

Kawasan permukiman di Pulau Sebesi itu juga terdampak tsunami pada Sabtu malam, 22 Desember lalu. Hampir seluruh penduduk yang berjumlah lebih dari 1.000 jiwa, kini bertahan di perbukitan atau perkebunan yang berada di ketinggian. Mereka menempati gubuk-gubuk dan mendirikan tenda seadanya untuk tempat berlindung dari hujan.

Warga hanya bisa pasrah sambil menunggu uluran tangan pemerintah daerah setempat. Persediaan makanan mulai menipis, hanya tinggal beras untuk dikonsumsi bersama beberapa hari ke depan. Mereka juga mengandalkan hasil kebun untuk dimakan di pengungsian. (Galuh Garmabrata)

Ringkasan

Oleh Rita Ayuningtyas pada 25 December 2018, 10:04 WIB

Video Terkait

Spotlights