Jokowi Hadiri Perayaan Natal Oikumene, Ajak Masyarakat Jaga Toleransi

Oleh Liputan6.com pada 23 Des 2018, 17:37 WIB
Diperbarui 24 Des 2018, 19:14 WIB
Presiden Jokowi menghadiri Perayaan Natal Oikumene Tator di Plaza Kolam Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Perayaan Natal Oikumene Tator dan Lovely December di Plaza Kolam Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Jokowi mengucapkan selamat Natal dan tahun baru kepada para umat nasrani di Indonesia.

"Saya ingin mengucapkan selamat Natal, selamat tahun baru 2019, kepada seluruh umat Kristiani di manapun berada. Baik yang berada di Tana Toraja maupun di seluruh Tanah Air Indonesia," kata Jokowi di hadapan masyarakat di Plaza Kolam Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu (23/12/2018).

Jokowi berharap, Natal tahun ini dapat membawa kedamaian. Tidak hanya di Tana Toraja, tapi di seluruh Indonesia. Jokowi juga mengajak untuk merawat persatuan serta kerukunan. Sehingga bisa merawat persaudaraan.

"Karena kita adalah saudara sebangsa dan setanah air. Dan aset terbesar bangsa ini adalah persatuan. Saya mengajak terus kepada kita semua, sekali lagi, untuk menjaga dan merawat kerukunan persaudaraan dan persatuan kita," kata Jokowi.

Jokowi juga mengajak kepada masyarakat agar bersama-sama mewujudkan toleransi. Sebab kata dia toleransi dapat terwujud dengan kasih sayang.

"Toleransi dapat terwujud apabila kita hidup dengan kasih, dengan sukacita, dengan damai, dan sejahtera," ungkap Jokowi.

2 of 3

Sambutan Tari-tarian

 

Ketika menghadiri Perayaan Natal Oikumene Tator di Plaza Kolam Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Jokowi disambut masyarakat Toraja dengan tari-tarian.

Jokowi hadir mengenakan pakaian adat toraja berwarna putih dan passapu di kepalanya. Dia hadir bersama Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Bupati Tana Toraja Nicodemus BiringKanai.

Sebelum menghadiri natal bersama masyarakat, Jokowi menemui 27 pendeta atau tokoh agama di alang atau tempat menerima tamu dekat Gereja Hati Maria Tidak Bernoda di Makale. Jokowi disambut Uskup Agung Makassar Mgr Johannes Liku Ada. Sekitar lima menit Jokowi berbincang bersama para tokoh agama.

Tidak hanya itu, Jokowi juga sempat berselfie bersama masyarakat Toraja. Beberapa dari mereka memanggil-manggil nama Jokowi.

"Jokowi, Jokowi, Jokowi," seru mereka.

Setelah melakukan kunjungan ke Toraja, rencananya sore harinya Jokowi akan menuju Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah untuk meresmikan bandar udara dan terminal baru Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir.

Turut menyertai Presiden dalam penerbangan menuju Kabupaten Tana Toraja, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Staf Khusus Presiden Adita Irawati, dan Komandan Paspampres Brigjen TNI Maruli Simanjuntak.

 

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by