Seekor Macan Tutul Ditangkap Warga di Lereng Gunung Lawu

Seekor Macan Tutul Ditangkap Warga di Lereng Gunung Lawu

Warga Karanganyar, Jawa Tengah, berhasil menangkap seekor macan tutul di lereng Gunung Lawu.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (23/12/2018), macan tutul atau panthera pardus yang tertangkap warga di lereng Gunung Lawu, Desa Wonorejo, Karanganyar, Sabtu sore kemarin llau dibawa ke Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ, Solo.

Macan betina ini dibawa dengan kandang khusus agar tidak stres dan dalam kondisi dibius. Selama perjalanan, kandang juga ditutup rapat. Sesampainya di TSTJ kondisinya sudah sadar.

Selama seminggu, macan tutul akan diobservasi dan belum diperlihatkan kapada pengunjung. Karena tim dokter juga ingin memastikan kondisi fisiknya tidak bermasalah, mengingat macan ini ditangkap warga.

"Kita masih observasi kesehatannya secara detil, dalam kondisi umum sehat dan normal," kata Dokter Hewan TSTJ Siti Nuraini.

Hewan berusia sekitar 2,5 tahun ini nantinya akan dilepas ke habitatnya setelah direhabilitasi dan di karantina. Diperkirakan saat ini masih ada beberapa ekor macan tutul hidup di lereng Gunung Lawu. Sebelumnya juga ada satu ekor yang tertangkap dan sudah dilepas kembali.

"Masih ada beberapa ekor tapi mudah-mudahan kembali ke habitatnya," ucap Kepala BKSDA Karanganyar Sumarno.

November lalu, warga lereng Gunung Lawu sempat diteror serangan hewan buas yang memangsa puluhan ternak. Diduga hewan tersebut adalah macan tutul.

Di Kecamatan Jatiyoso dan Tawang Mangu sedikitnya 32 ekor kambing mati dimangsa hewan buas. Warga kemudian memasang perangkap dan pada Sabtu pagi berhasil menangkap satu ekor macan tutul. (Muhammad Gustirha Yunas)

Ringkasan

Oleh Maria Flora pada 23 December 2018, 09:11 WIB

Video Terkait

Spotlights