Ini Rekayasa Lalin Menuju Cikampek pada Mudik Natal dan Tahun Baru

Oleh Liputan6.com pada 22 Des 2018, 18:07 WIB
Diperbarui 22 Des 2018, 18:16 WIB
Tol Cikampek Macet Parah di Puncak Arus Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan arus libur Natal dan Tahun Baru 2019. Tujuannya, untuk mengurangi padatnya kendaraan yang melintas di tol dari Jakarta menuju Cikampek khususnya di Kilometer 10.

"Karena yang di Km 10 (Tol Jakarta-Cikampek) itu ada pertemuan, dari Jakasampurna, Tol Pondok Kopi Bintara, kemudian tol dari dalam kota," kata Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya Sudarmanto saat dihubungi, Sabtu (22/12/2018).

Nantinya, arus kendaraan dari arah Jakasampurna yang belok ke arah Cikampek akan diluruskan menuju Pondok Kopi.

"Kami luruskan yang arus dari Jakasampurna turun ke Cikunir itu kita luruskan ke arah Pondok Kopi tapi muternya di Kalimalang," ucap Sudarmanto.

Sementara itu, lalu lintas dari arah Cawang atau Tol Dalam Kota ke Cikampek tidak mengalami rekayasa dan pengalihan. Sehingga bisa lurus terus dan masuk Tol Cikampek.

"Prioritas kita adalah dari Cawang atau Semanggi. Kalau dari Cawang lurus ke arah Cikampek itu tetap ngacir terus, nggak ada masalah," ucap Sudarmanto.

 

2 of 3

Belajar Saat Mudik Idul Fitri 2018

Tol Cikampek Macet Parah di Puncak Arus Mudik
Antrean kendaraan melintasi ruas Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Rabu (13/6). Pada H-2 Lebaran, kepadatan di ruas tol Jakarta-Cikampek disebabkan karena penyempitan jalur, lantaran ada proyek pembangunan LRT dan Tol Elevated. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sudarmanto menambahkan, pihaknya belajar dari arus lalu lintas saat mudik Idul Fitri 2018, yang saat itu terjadi kepadatan di Simpang Susun Cikunir.

"Jadi kami tidak mau nanti terjebak ada satu stagnant trouble spot yang luar biasa," tambah Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya Sudarmanto.

Untuk itu pihaknya mengimbau kepada pengguna tol untuk tetap hati-hati dalam berkendara. Pihaknya juga menyediakan pos pelayanan di sepanjang tol.

"Sehingga tolong memacu kendaraan sesuaikan dengan kemampuan mesin dan kemampuan kendaraan," pungkasnya.

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by