Sukses

Temui Anggota Kongres AS, PKS Bawa Misi Selamatkan Muslim Uighur

Jazuli berharap, lawatan ke Amerika ini dapat direspon baik dengan kunjungan balasan ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini melakukan lawatan diplomasi ke Washington DC, Amerika Serikat.

Dalam agenda penguatan kerjasama kedua negara, Jazuli bertemu Anggota Senior Kongres AS David Price membahas isu HAM, salah satunya soal minoritas muslim Uighur di China

"Tanpa bermaksud mengintervensi politik luar negeri Pemerintah AS, kami mengharap kesamaan mewujudkan perdamaian dunia, pembelaan HAM, dan pembebasan rakyat yang masih terjajah seperti minoritas muslim Uighur," kata Jazuli lewat siaran pers diterima, Sabtu (22/12/2018).

Ditemani Sekretaris Fraksi PKS Sukamta, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri, mereka juga membahas kelanjutan dukungan kemerdekaan penuh atas Palestina dan kebebasan hak asasi manusia bagi etnis Rohingnya.

"Jadi kami menyampaikan langsung keinginan untuk hal tersebut," jelas dia.

Jazuli berharap, lawatan ke Amerika ini dapat direspon baik dengan kunjungan balasan ke Indonesia. Hal ini semata untuk peningkatan kualitas demokrasi dalam area kepartaian dan keparlemenan.

"Kami membuka diri untuk kerjasama ini dan mengundang beliau untuk hadir ke Indonesia dalam acara konsolidasi Anggota Legislatif Nasional PKS pada Januari 2019," terang Anggota Komisi I DPR ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesamaan Misi

Menanggapi kunjungan ini, menurut Jazuli, David Price memiliki persamaan pandangan dengan PKS. Jazuli percaya, kerjasama AS dan Indonesia akan semakin kuat dari masa ke masa dan terus dapat ditingkatkan. 

"Beliau juga sangat konsen terhadap peningkatan kualitas demokrasi, perdamaian dunia dan hak asasi manusia sebagaimana harapan Fraksi PKS," Jazuli menyudahi. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.