Sukses

Raja Salman Resmikan Paviliun Indonesia di Festival Budaya Arab Saudi

Peresmian Paviliun Indonesia menjadi salah satu rangkaian acara pembukaan Festival Janadriyah.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud meresmikan Paviliun Indonesia dalam Festival Janadriyah ke-33 di Riyadh, Kamis (20/12/2018). Dalam festival budaya terbesar di Timur tengah itu, Indonesia didaulat menjadi Tamu Kehormatan.

Peresmian pavilion Indonesia ini ditandai dengan kunjungan Raja Salman beserta rombongan. Kedatangan Raja Salman, yang didampingi Menteri Garda Nasional, Pangeran Khalid bin Abdulaziz bin Ayyaf Al Muqrin ini, disambut meriah dengan iringan musik Kesenian Rampak Gendhang.

Dalam kesempatan itu, Raja Salman disambut Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani bersama Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel.

Momen kunjungan itu, dimanfaatkan Raja Salman untuk mengelilingi Paviliun Indonesia seluas 2.000 meter persegi, dengan menggunakan kendaraan golf. Kunjungan diawali dengan menyaksikan kapal Pinisi yang menjadi daya tarik Paviliun Indonesia.

Selanjutnya rombongan Raja Salman mendapat penjelasan dari Duta Besar Agus mengenai pameran sejarah hubungan kedua negara, khususnya sejak kunjungan masyarakat Indonesia untuk berhaji pada masa kolonial, sampai dengan saling kunjung pemimpin dua negara, termasuk kunjungan Raja Faisal ke Indonesia pada tahun 1970.

Raja Salman juga diberikan penjelasan ringkas mengenai situasi Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan dengan  beragam kekayaan budaya Indonesia.

"Raja Salman juga menyaksikan  penampilan 40 siswa Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) yang menyanyikan lagu Al Salman sambil melambaikan bendera Indonesia dan Arab Saudi," kutip siaran pers KBRI Arab Saudi yang diterima Liputan6.com

Raja Salman tampak antusias menikmati penampilan para siswa SIR sambil membalas dengan lambaian tangan. Rombongan Raja Salman terus berkeliling ke seluruh sudut pameran sebelum meninggalkan Paviliun Indonesia.

Peresmian Paviliun Indonesia menjadi salah satu rangkaian acara pembukaan Festival Janadriyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Kerja Sama Budaya

Dalam acara terakhir, Menteri Puan menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Arab Saudi, khususnya Raja Salman, atas terplihnya Indonesia sebagai Tamu Kehormatan.

"Festival Janadriyah adalah hadiah terbaik bagi pemerintah dan rakyat Indonesia, untuk merayakan masa keemasan hubungan bilateral antara kedua negara. Masa keemasan Saunesia, Saudi Arabia dan Indonesia, khususnya setelah kunjungan bersejarah Raja Salman bin Abdulaziz ke Indonesia pada tahun 2017, yang memberikan momentum politik yang kuat bagi hubungan bilateral,” tutur Menteri Puan.

Menteri Puan juga menekankan pentingnya kerja sama kebudayaan di antara negara-negara di dunia.

"Saya berharap, melalui Festival Janadriyah ini, rakyat Arab Saudi dapat mempunyai pemahaman yang lebih baik mengenai Indonesia, tidak hanya kebudayaannya, namun juga perkembangan sosial dan kemajuan ekonominya,” tutup Menteri Puan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.