Persiapan Bandara Kualanamu Hadapi Natal dan Tahun Baru

Oleh Reza Efendi pada 21 Des 2018, 14:15 WIB
Persiapan Dilakukan Pihak Bandara Kualanamu Hadapi Natal dan Tahun Baru

Liputan6.com, Deli Serdang - Berbagai persiapan dilakukan pihak Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) dalam rangka persiapan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Salah satunya dengan menurunkan 700 petugas untuk mengamankan bandara.

"700 personel terdiri atas pengamanan dari Avsec yang dibantu TNI-Polri, unsur dari Dishub, Satpol PP, serta komunitas bandara lainnya," kata Branch Communication And Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto Jumat (21/12/2018).

Sebelumnya, Kamis kemarin, pengamanan Bandara Kualanamu telah dimulai dengan menggelar apel Kesiapan Kerja Posko Angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan safety security dan services di bandara kebanggan warga Sumut tersebut.

"Peserta apel diikuti pihak Angkasa Pura II, airlines dan ground handling. Diikuti juga oleh pihak Kantor Otband Wilayah 2, Airnav KNO, TNI, Polri, APS, dan CIQ Bandara Kualanamu," ucap Wisnu.

Selain menyebar para petugas di tempat-tempat yang telah disiapkan, pihak Angkasa Pura juga menyiagakan posko terpadu berupa fasilitas kesehatan untuk para pengguna jasa penerbangan.

"Manajemen Angkasa Pura siap memberikan kenyamanan dan pengamanan bagi pengguna jasa penerbangan," terangnya.

2 of 3

Lonjakan Penumpang

Persiapan Dilakukan Pihak Bandara Kualanamu Hadapi Natal dan Tahun Baru
Persiapan Dilakukan Pihak Bandara Kualanamu Hadapi Natal dan Tahun Baru (FOTO: Liputan6.com/Reza Efendi)

Disinggung mengenai lonjakan penumpang di Bandara Internasional Kualanamu terkait Natal dan Tahun Baru kali ini, Wisnu mengaku pihaknya memprediksi akan terjadi di H-3, yaitu pada Sabtu, 22 Desember 2018.

Berdasarkan data yang diterima pihak bandara pada H-5, atau Kamis, 20 Desember 2018, jumlah penumpang di Bandara Kualanamu mencapai 28.657. Dibanding hari yang sama pada tahun 2017 sebesar 33.386 penumpang.

"Dibanding tahun lalu mengalami penurunan sekitar 15 persen. Namun, prediksi puncak penumpang terjadi pada H-3 dan diprediksi mencapai 37 ribu penumpang," jelasnya.

Wisnu menyebut, dalam momentum Natal dan Tahun Baru kali ini penumpang domestik banyak yang berpergian ke Jakarta. Kemudian untuk rute internasional, banyak penumpang berpergian ke Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia.

"Sejauh ini, seperti itu laporan yang kita terima," sebutnya.

3 of 3

Siapkan 80 Penerbangan Tambahan

Persiapan Dilakukan Pihak Bandara Kualanamu Hadapi Natal dan Tahun Baru
Persiapan Dilakukan Pihak Bandara Kualanamu Hadapi Natal dan Tahun Baru (FOTO: Liputan6.com/Reza Efendi)

Bandara Internasional Kualanamu telah menyiapkan 80 penerbangan tambahan (extra flight) bagi maskapai menjelang mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Namun, saat ini belum ada maskapai yang mengajukan extra flight.

"Sebanyak 80 penerbangan tambahan berbagai rute. Untuk detailnya, masing-masing airline belum menyampaikan rute-rute mana yang akan ditambah," jelas Wisnu.

Sementara itu, kesiapan kerja Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru kali ini akan berlangsung sejak 20 Desember 2018 sampai 6 Januari 2019. Kegiatan ini akan berlangsung lebih kurang 18 hari.

Selain itu, dalam perayaan Natal 2018 ini Bandara Kualanamu juga dihiasi berbagai ornamen dengan tematik sebagai bentuk suka cita bersama dalam menyambut hari besar keagamaan umat Kristiani dan menyambut Tahun Baru 2019.

"Kami juga menghibur para penumpang di Bandara Kualanamu dengan kegiatan seperti flashmob dan customer happiness," Wisnu menandaskan. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by