Buku Pengungkap Fakta Keluarga Jokowi Diluncurkan

Buku Pengungkap Fakta Keluarga Jokowi Diluncurkan

Satu lagi buku tentang riwayat hidup Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan keluarga diluncurkan. Yang agak spesial, buku berjudul "Jokowi Dari Bantaran Kalianyar ke Istana" ini disusun dan diluncurkan di Solo, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (21/12/2018), inilah buku yang menurut penulisnya mengungkap fakta keluarga Jokowi, baik dari garis bapak maupun dari garis ibu Jokowi. Buku berjudul "Jokowi Dari Bantaran Kalianyar Menuju Istana" ini ditulis Wawan Mas'udi dan Akhmad Romdhon.

Peluncuran buku setebal 140 halaman ini digelar di salah satu restoran di Kota Solo dan dihadiri langsung dua orang terdekat Jokowi, yakni ibunya Sujiatmi Notomiharjo dan pamannya Miyono Suryo Sarjono. Pihak keluarga berharap buku ini bisa menjawab isu dan fitnah yang selama ini mendera Jokowi.

"Sebetulnya saya kecewa," kata ibu Jokowi Sujiatmi Notomiharjo.

"Difitnah itu enggak masalah dengan catatan kita enggak menyangkut apa-apa, jadi enggak perlu pusing," ujar Paman Jokowi Miyono Suryo Sarjono.

Menurut Wawan Mas'udi, salah seorang penulisnya, dari riset yang mereka lakukan terungkap dua pihak keluarga dari jalur ibunya di Gumukrejo, Ngemplak, Boyolali dan ayahnya Notomiharjo di Kranggan, Karanganyar, sangat mempengaruhi karakter Jokowi yang kini dikenal publik saat ini. Dari seorang pengusaha menjadi pemimpin yang toleran dan melayani.

"Karakter yang disebut sebagai wirausahawan yang punya jiwa sosial tinggu itu yang kami peroleh dan itu menjadi kunci penting," jelas penulis buku Wawan Mas'udi.

Menurut Miyono, paman Jokowi, berbagai isu dan fitnah terkait asal usul keluarga Jokowi diharapkan tidak ada lagi setelah buku ini diluncurkan. (Muhammad Gustirha Yunas)

Ringkasan

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 21 December 2018, 07:43 WIB

Video Terkait

Spotlights