Tim Ahli Geologi Ambil Sampel Tanah Cari Penyebab Jalan Gubeng Ambles

Oleh Mevi Linawati pada 20 Des 2018, 13:30 WIB

Liputan6.com, Surabaya - Longsoran yang terjadi di Jalan Raya Gubeng Surabaya belum diperbaiki. Kamis pagi, Tim Geologi mencoba memetakan Jalan Raya Gubeng yang longsor dari permukaan.

Untuk itu, pengeboran dilakukan Tim Geologi dari Institut Teknologi Sepuluh November sedalam 30 meter untuk mengambil sampel lapisan tanah.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (20/12/2018), tim ahli butuh waktu sekitar seminggu untuk mengkaji semua data untuk bisa menyimpulkan penyebab dan juga solusi yang harus dilakukan.

"Kita baru mencari sampel, dari situ kita bisa melihat penyelesaiannya," kata Pakar Geologi ITS Amin Widodo.

Sementara itu, Kapolda Jawa Timur menyatakan dugaan kuat longsor diakibatkan oleh kesalahan teknis dalam pembangunan basement Rumah Sakit Siloam Surabaya. Kesimpulan awal ini didapatkan dari pemeriksaan 34 saksi dari berbagai macam profesi dari pengerjaan proyek.

"Kami menyampaikan ada dugaan kuat, ada kesalahan tekhnis yang membuat amblesnya tanah karena ada pengerjaan basement 3 lantai ke bawah," jelas Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan.

Selain memeriksa sejumlah saksi, polisi juga akan melakukan pendalaman masalah perizinan terkait proyek ini. (Rio Audhitama Sihombing)

Tas Mencurigakan Dilempar ke Gerbang Polres Bengkulu

Tutup Video