Polri Akan Bentuk Satgas Bantu PSSI Berantas Pengaturan Skor

Oleh Nafiysul Qodar pada 18 Des 2018, 15:02 WIB
Diperbarui 18 Des 2018, 15:02 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)
Perbesar
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Liputan6.com, Jakarta - Kasus pengaturan skor sudah menjadi rahasia umum di kalangan pegiat sepak bola Tanah Air. Sejumlah pihak pun mendesak Polri terlibat aktif memberantas mafia pengaturan skor bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Bareskrim sudah menugaskan Direktur Pidana Umum untuk bekerja sama dengan PSSI dalam rangka mengantisipasi pengaturan skor di dalam pertandingan sepak bola Indonesia," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Ia menambahkan, pemberantasan mafia pengaturan skor harus benar-benar dilakukan agar sportivitas dan perkembangan sepak bola di Indonesia tidak terganggu. Rencananya, kerja sama antara Polri dan PSSI terkait hal ini akan dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

"Ya nantinya akan ada semacam Satgas (Satuan Tugas) untuk memberantas pengaturan skor di dalam persebakbolaan," tuturnya.

 

2 dari 2 halaman

Bisa Dilaporkan ke Polisi

Selain ke Komisi Disiplin PSSI, temuan kasus pengaturan skor juga bisa dilaporkan ke kepolisian. Kendati, Dedi belum bisa memastikan pasal apa yang akan digunakan polisi dalam menangani perkara tersebut.

"Nanti didalami oleh Ditpidum, nanti bisa penipuan atau masalah menyangkut UU di bidang olahraga atau perbuatan curang. Nanti akan didalami bersama dengan PSSI yang tahu pola dan mekanismenya," ucap Dedi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓