Berdagang di Trotoar Jatinegara, PKL Menangis saat Ditertibkan Petugas

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 18 Des 2018, 11:37 WIB

Liputan6SCTV, Jakarta - Penertiban yang dilakukan Satpol PP terhadap trotoar di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, diwarnai tarik menarik barang dagangan antara petugas dengan pedagang kaki lima (PKL). Kendati pedagang memprotes penertiban, petugas mengangkut barang dagangan yang berada di fasilitas umum tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (18/12/2018), petugas tetap mengejar mereka terhadap PKL yang bersembunyidi sebuah lahan proyek. Petugas juga menegur mandor proyek yang membiarkan PKL bersembunyi di lahan proyek.

Saat peristiwa terjadi, ada seorang PKL yang menangis dan memohon agar gerobaknya tidak diangkut. Namun hal itu tidak menyurutkan petugas untuk menjalankan tugasnya. Terkait penertiban trotoar, Pemprov DKI juga akan melakukan langkah relokasi serta menyediakan tempat bagi PKL yang tidak mengganggu ketertiban umum.

Penertiban disekitar kawasan Jatinegara itu juga menyasar penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang berkeliaran. Tiga PMKS yang berada dibawah fly over, ditangkap petugas dan diserahkan ke Panti Sosial Bina Insan Cipayung, Jakarta Timur. Penertiban sesuai Perda DKI tentang ketertiban umum tersebut sebagai respon petugas dari laporan masyarakat. (Galuh Garmabrata)