Sukses

Jokowi Resmikan Museum Islam Indonesia di Pesantren Tebuireng Hari Ini

Rencana pembangunan Museum Islam Indonesia sebenarnya sudah ada sejak masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi akan meresmikan Museum Islam Indonesia di kawasan Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur hari ini, Selasa (18/12/2018).

"Presiden Jokowi akan ke Jombang untuk melakukan beberapa kegiatan, termasuk meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari," ujar Pimpinan Pondok Pesantren Tebuireng KH Shalahudin Wahid, Senin, 17 Desember 2018.

Dia mengatakan, rencana pendirian museum tersebut sudah ada sejak masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Museum itu nantinya berisi benda-benda bersejarah soal perkembangan Islam di Nusantara, buku-buku, kitab pemikiran para ulama dan benda-benda lainnya.

"Museum itu diharapkan bisa menjadi bahan rujukan dan referensi tentang Islam di Indonesia," ucap pria yang biasa disapa Gus Solah itu.

Pemerintah telah menetapkah Kabupaten Jombang menjadi lokasi pembangunan museum tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada para ulama yang berjasa dalam berjuang bagi kemerdekaan RI.

Diketahui banyak ulama pejuang kemerdekaan RI yang lahir di Jombang, bahkan terdapat sejumlah makam pahlawan nasional di sana. Di Pondok Pesantren dimakamkan sejumlah ulama pendiri organisasi Islam Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy'ari, KH Wahid Hasyim, hingga KH Abdurrahman Wahid.

Selain itu, terdapat makam KH Wahab Hasbullah, salah satu pendiri NU yang juga sudah ditetapkan menjadi pahlawan nasional. Makamnya berada di kompleks Pondok Pesantren Tambak Beras Kabupaten Jombang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungi Pesantren Lain

Selain berkunjung ke Tebuireng, Jokowi juga akan singgah di beberapa Pondok Pesantren, di antaranya di Pondok Pesantren Darul Ulum, Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakrejo, hingga Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang. Di lokasi tersebut, Presiden juga bersilaturahmi dengan para ulama.

Sementara itu, Kepala Sub-Bagian Hubungan Masyarakat Polres Jombang Iptu Sarwiji mengatakan saat ini anggota sudah dipersiapkan untuk pengamanan kedatangan Presiden Joko Widodo dan rombongan.

"Kami di ring tiga, yang ring satu dan dua itu dari pasukan pengamanan Presiden. Kami sudah melakukan sterilisasi sejak Minggu (16/12) serta untuk persiapan pengamanan rute yang dilalui Presiden," kata dia.

Dia mengungkapkan ada ratusan personel yang dilibatkan baik dari TNI hingga polri. Ada empat titik yang menjadi fokus untuk pengamanan yakni di lokasi yang akan didatangi oleh Presiden.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.