Sukses

Gempa Magnitudo 5 Guncang Maluku Tenggara Barat

BMKG mengimbau warga tetap tenang usai gempa mengguncang Maluku.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa tektonik bermagnitudo 5 mengguncang Maluku Tenggara Barat, pukul 06.29 WIT, Selasa (18/12/2018). Pusat gempa berada di barat daya Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

"Gempa dengan episentris 7.58 LS dan 128.98 BT pada kedalaman 164 KM dengan arah 264 KM Barat Daya Kabupaten MTB," kata Kepala BMKG Kelas I Ambon, Abraham Mustamu, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, pusat gempa berada pada kedalaman 164 kilometer. Gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BMKG mengimbau warga tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat.

Menurut catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Maluku termasuk daerah rawan gempa karena berada pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Maluku