3 Pengakuan Mengejutkan Driver Ojek Online Peraih Mini Cooper Rp 12 Ribu

Oleh Maria Flora pada 18 Des 2018, 07:26 WIB
Penyerahan Mini Cooper dari Bukalapak untuk Dedi Heryadi

Liputan6.com, Jakarta - Hati siapa yang tidak berbunga-bunga saat mendapatkan hadiah mobil mewah. Apalagi jika mobil tersebut bisa dibeli dengan harga murah sebesar Rp 12 ribu.

Ya, inilah yang terjadi pada seorang pengemudi ojek online di Jakarta bernama Dedi Heriyadi.

Lewat usahanya mengikuti ajang Serbu Seru yag diselenggarakan Bukalapak pekan lalu, pria asal Ciamis ini berhasil mendapatkan sebuah Mini Cooper 3 pintu.

Sebelumnya, Dedi pernah mengikuti Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11.11 pada 11 November 2018 lalu. Namun, kala itu keberuntungan belum berpihak padanya.

"Sampai sekian kali transaksi uang dibalik terus dan terakhir pas klik Mini Cooper pas tanggal 12 Desember jam 19.00 selesai klik sudah, ternyata Mini Cooper yang terpilih," tambah Dedi Heriyadi.  

Kini setelah Mini Cooper didapat, apa yang akan dilakukan Dedi Heriyadi selanjutnya? Berikut ini sejumlah pengakuannya yang tak kalah mengejutkan:

2 of 4

1. Bingung Bayar Pajak

Bukalapak
Penyerahan Mini Cooper dari Bukalapak untuk Dedi Heryadi. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Bertempat di kantor Bukalapak, Plaza City View, Jakarta, acara serah terima Mini Cooper bercat merah itu telah dilakukan, Senin, 17 Desember 2018.

CEO Bukalapak Achmad Zaky menyerahkan langsung Mini Cooper tiga pintu itu kepada sang pengemudi ojol berusia 36 tahun itu.

Dedi memang tak dikenakan biaya tambahan, namun dia wajib membayar pajak kendaraan untuk bisa membawa mobil tersebut pulang.

"Untuk besaran pajak mobil Mini Cooper sekitar 30 persen. Pajak all ya, tapi pajak atas mobilnya bukan pajak hadiah, karena ini bukan hadiah," jelas PR Executive Bukalapak Miftachur Rochman.

Mendengar biaya pajak yang harus dibayarkan, Dedi mengaku kebingungan. Hal ini tak bisa dipungkiri, karena sehari-hari dia bekerja sebagai driver ojek online.

"Saya saja mikir, nanti pajak tahunannya gimana kalau saya yang pakai. Jadi kemungkinan dijual soalnya ngojek setahun buat bayar pajak enggak nutupin," ungkap Dedi.

3 of 4

2. Dijual

Penyerahan Mini Cooper dari Bukalapak untuk Dedi Heryadi
Penyerahan Mini Cooper dari Bukalapak untuk Dedi Heryadi (ist)

Perlu diketahui, harga Mini Cooper itu mencapai Rp 720 juta. Jika Dedi Heriyadi ingin membawa pulang mobil mewah tiga pintu itu, dia harus membayar pajak kendaraan sekitar Rp 216 juta.

Melihat pekerjaannya sebagai pengemudi ojek online, ayah dari tga anak ini mengaku kemungkinan besar akan menjualnya. 

"Untuk sekarang dijual kemungkinan besar. Mungkin bisa dimanfaatkan oleh keluarga saya. Buat apa juga biaya perawatannya saja wow banget," ujar Dedi.

Mendengar pernyataan tersebut, pihak Bukalapak bersedia membantu jika mobil tersebut akan dijual. 

"Pajaknya dalam ketentuan ditanggung yang bersangkutan. Bantuannya misalkan niat untuk dijual, Bukalapak akan bantu," ucap CEO Bukalapak, Achmad Zaky.

4 of 4

3. Berawal dari Iseng

Penyerahan Mini Cooper dari Bukalapak untuk Dedi Heryadi
Penyerahan Mini Cooper dari Bukalapak untuk Dedi Heryadi (ist)

Dedi mengaku hanya iseng ketika mengikuti ajang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di Bukalapak. Dia sempat masih tak percaya begitu namanya disebut sebagai pemenang hadiah utama berupa Mini Cooper.

Keisengannya dimulai saat dia sampai di rumah usai seharian ngojek. Saat berselancar di Bukalapak dan melihat dompet akunnya masih ada Rp 14 ribu, matanya tertuju pada mobil Mini Cooper cuma 12 ribu.

Rasa penasaran pun berlanjut. Pria tamatan SMPN 1 Sukadana, Ciamis itu kembali mencari informasi harga dari Mini Cooper 3 pintu yang dia klik.

"Saya ketik 'Harga Mini Cooper 3 pintu' terus keluar harga, kalau tidak salah itu paling murahnya Rp 720 juta. Oh mahal juga ya," kata Dedi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Lanjutkan Membaca ↓