Sukses

Ini Alasan Jokowi Diberi Gelar Datuk Oleh LAM Riau

Dengan gelar datuk ini mengingatkan Jokowi akan sumpahnya untuk berbakti pada nusa dan bangsa.

Fokus, Riau - Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Rabu kemarin, menjalani prosesi penabalan gelar adat melayu Riau yang berlangsung di gedung LAM, Pekanbaru, Riau.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (16/12/2018), didampingi ibu negara, Jokowi tiba di gedung LAM Pekanbaru, Rabu, siang, untuk menjalani prosesi penabalan gelar adat melayu Riau.

Dengan berpakaian adat yang biasa disebut teluk belanga, Jokowi menjalani beberapa tahapan prosesi pemberian gelar. Diawali pembacaan surat keputusan penabalan, prosesi dilanjutkan dengan pemasangan tanjak atau topi khas melayu Rau serta penyematan kain selempang ke badan Presiden.

Prosesi diakhiri dengan penyematan sebilah keris oleh Gubernur Riau Wan Thamrin sekaligus menjadi tanda Presiden Jokowi secara resmi bergelar datuk seri setia amanah negara.

Dengan gelar datuk ini mengingatkan Jokowi akan sumpahnya untuk berbakti pada nusa dan bangsa.

"Saat saya membaca arti dari gelar adat ini saya teringat pada saat dilantik jadi presiden Indonesia. Bagian dari sumpah presiden adalah berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Presiden RI Joko Widodo.

Pemberian gelar diberikan pada Jokowi karena keberhasilan pemerintah menuntaskan masalah asap di Riau serta mengembalikan blok rokan yang akan dikelola bersama pemerintah daerah Riau. Pemerintah juga dinilai berhasil menyelesaikan banyaknya sengketa tanah adat. (Muhammad Gustirha Yunas)