Sukses

DKI Jakarta Siapkan 2.000 Tempat Sampah Tambahan untuk Pesta Tahun Baru

Tempat sampah ini akan ditempatkan di sejumlah tempat keramaian menjelang malam pergantian tahun baru 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 2.000 tempat sampah tambahan pada malam tahun baru nanti. Tempat sampah ini akan ditempatkan di sejumlah tempat keramaian menjelang malam pergantian tahun.

"Menjelang pergantian tahun, kami akan menugaskan tim sosialisasi untuk turun membagikan kantong-kantong sampah. Kami juga menempatkan sekitar 2.000 tempat sampah tambahan yang akan ditaruh di tempat keramaian," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, di Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Menurut dia, pemprov juga akan menyiagakan puluhan truk sampah anorganik. "Kami juga menempatkan 42 truk sampah anorganik untuk mengumpulkan sampah plastik, kertas, styrofoam," lanjut dia.

Dia menjelaskan, sejumlah konsentrasi massa pada malam pergantian tahun baru diperkirakan terjadi di Monas, Bundaran Hotel Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jalan Jendral Sudirman, Kelapa Gading dan juga Kota Tua.

Dia menjelaskan pembersihan sampah tahun baru akan dilakukan efektif setelah pengunjung pulang ke rumah dan akan menjadi tantangan berat saat hujan.

"Petugas kami baru akan bergerak pukul 00.30 dini hari. Pasukan oranye akan mengerahkan 30-an penyapu jalan dan setidaknya ada 2.000 pasukan oranye, " kata Isnawa Adji seperti dilansir Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sampah Tahun Lalu

Sementara itu, saat ditanya mengenai Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai larangan penggunaan kantong plastik, dia menjelaskan saat ini sedang dibahas. Pemprov DKI berharap akan mengurangi secara signifikan sampah di Jakarta yang mencapai 7.250 ton per hari dengan peraturan itu.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, timbulan sampah pada malam pergantian tahun 2018 di Ibu Kota mencapai 780 ton. Jumlah tersebut meningkat dibanding malam pergantian tahun 2017 yang mencapai 700 ton.

Jenis sampah yang ditemukan pada pergantian tahun 2018 berupa botol minuman dan kemasan makanan seperti kotak makan, plasktik bungkus makanan serta styrofoam. Jumlah kantong sampah yang dibagikan ke pedagang dan pengunjung mencapai 10.000 buah, selain juga mengerahkan 30 unit mobil penyapu jalan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.