Ada Konvoi Persija, Perhatikan 3 Hal Ini

Oleh Maria Flora pada 15 Des 2018, 09:06 WIB
Diperbarui 15 Des 2018, 09:06 WIB
Persija Jakarta Vs Mitra Kukar
Perbesar
Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, memberikan dukungan saat melawan Mitra Kukar pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Minggu (9/12). Persija menang 2-1 atas Mitra. (Bola.com/Yoppy Renato)

Liputan6.com, Jakarta - 17 tahun menanti, klub sepak bola kebanggaan Ibu Kota berjuluk Macan Kemayoran ini akhirnya menekuk lutut lawannya di Gelora Bung Karno(GBK), Jakarta. Persija unggul 2-1 dari Mitra Kukar dalam Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut gembira atas prestasi yang telah diraih para pemain dan pelatih Persija. Hari ini, dia akan menggelar pawai kemenangan untuk Persija yang dimulai pukul 09.00 WIB, Sabtu (15/12/2018).

Mantan Menteri Pendidikan itu juga akan menjadikan hari ini sebagai pesta rakyat dimana warga Ibu Kota bisa ikut menikmati kemenangan Persija dan bertemu dengan para bintang sepak bola tersebut.

Sementara itu, PT Transjakarta sediakan satu bus tingkat dengan atap terbuka untuk digunakan dalam pawai kemenangan Persija.

konvoi Persika akan mengambil rute dari SGBK menuju Jalan Asia Afrika-Jalan Senayan-Jalan Sudirman-Bundaran Senayan-Jalan Sudirman-Bundaran HI-Jalan MH Thamrin-Bundaran Air Mancur (Patung Kuda)-Jalan Medan Merdeka Selatan-Balai Kota Jakarta.

Terkait hal ini sejumlah ruas jalan akan ditutup saat konvoi Persija berlangsung. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan pengendara:

2 dari 4 halaman

1. Rekayasa Lalin Selama Konvoi

Konvoi Juara Persija Jakarta
Perbesar
Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, konvoi merayakan gelar Piala Presiden dengan melintasi Senayan hingga Monas, Jakarta, Minggu (18/2/2018). Persija meraih juara setelah mengalahkan Bali United. (Bola.com/Asprilla Dwi Adha)

Selama konvoi para pemain dan pelatih Persija berlangsung, akan dilakukan buka tutup oleh polisi. Penutupan jalan dilakukan di Jalan Gerbang Pemuda sisi selatan dan Jalan Asia Afrika sisi timur.

Selain itu, Jalan Mereka Selatan juga akan ditutup untuk sementara. Berikut beberapa rekayasa lalu lintas yang dilakukan imbas dari penutupan tersebut.

a. Arus lalu lintas dari arah Semanggi dilarang ke kiri yang menuju Jalan Gerbang Pemuda dialihkan lurus menuju Jalan Palmerah Timur dan seterusnya.

b. Arus lalu lintas dari arah Slipi yang akan menuju Jalan Gerbang Pemuda melalui Flyover Senayan dialihkanlurus kearah Semanggi dan seterusnya.

c. Arus lalu lintas dari arah Jalan Asia Afrika sisi barat dilarang belok kanan ke Jalan Pintu 1 Senayan dialihkanlurus dan seterusnya.

d. Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Semanggi dialihkan belok kiri menuju Jalan Pintu 1 Senayan dan seterusnya.

e Arus lalu lintas dari arah Jalan Ridwan Rais dilarang belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan lurus ke Jalan Medan Merdeka Timur dan seterusnya.

f. Arus lalu lintas dari arah Jalan Medan Merdeka Utara dilarang belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Baratdialihkan lurus ke Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

g. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk yang menuju Monas dialihkan belok kiri menuju Jalan Juanda dan seterusnya.

3 dari 4 halaman

2. Kantong Parkir

Konvoi Juara Persija Jakarta
Perbesar
Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, konvoi merayakan gelar Piala Presiden dengan melintasi Senayan hingga Monas, Jakarta, Minggu (18/2/2018). Persija meraih juara setelah mengalahkan Bali United. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Diperkirakan sebanyak 150 ribu suporter Persija akan berkumpul di Pintu 1 GBK untuk ikut mengarak kemenangan Persija Jakarta. 

Karenanya ketersedian parkir bagi para suporter dan warga Ibu Kota yang ingin ikut merasakan euforia kemenangan Persija menjadi salah satu pusat perhatian.

Beberapa kantong parkir telah disiapkan petugas di lapangan untuk meminimalisir kesemrautan lalu lintas. Seperti di Lapangan Banteng, Irti Monas, hingga Thamrin 10. 

4 dari 4 halaman

3. Rute Pawai Persija

Radityo/Liputan6.com
Perbesar
Bus atas terbuka akan mengawal konvoi Persija juara keliling Jakarta.

Bus disediakan PT Transjkarta sebagai wujud apresiasi kemenangan Persija Jakarta.

Rencananya, pawai akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Bersama pemain, tropi juga akan diarak dari Patung Panahan Gelora Bung Karno (GBK) melalui Jalan Sudirman, lalu akan diterima Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota. 

"Jalan yang akan dipakai adalah jalur cepat dari Patung Kuda ke Balai Kota," ujar Dirut PT Transjakarta Agung Wicaksono.  

Persija Jakarta pada Minggu lalu memastikan gelar juara Liga 1 Indonesia setelah mengalahkan Mitra Kukar 2-1 di Stadion GBK. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Lanjutkan Membaca ↓