Sukses

BMKG: Suara Misterius dari Langit Jangan Dikaitkan Mitos

Suara misterius dari langit menghebohkan warga di Pekalongan, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Saidah, seorang warga di Pekalongan, Jawa Tengah kaget ketika mendengar suara misterius dari langit. Suara itu meraung-raung.

Peristiwa tersebut didengarnya pada pukul 00.30 WIB, Jumat (14/12/2018).

Bagian Observasi Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang, Sukarno menilai, tidak ada fenomena alam terkait suara misterius dari langit ini. Kemungkinan besar hanyalah suara mesin pesawat.

"Ini kan memang jalur pesawat lewat, jadi kemungkinan hanya suara mesin," kata Sukarno ketika dihubungi Liputan6.com, Jumat (14/12/2018).

Dia pun mengimbau, masyarakat tak perlu meyakini adanya unsur mistis dari suara misterius dari langit ini. Solusinya bisa dengan membaca buku-buku ilmiah, sehingga tahu faktanya.

"Masyarakat tidak perlu percaya dengan mistis. Pasti ada penjelasan logis. Bisa membaca buku ilmiah," ujar Sukarno.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesaksian Warga

Sebelumnya, warga Pekalongan, Jawa Tengah tiba-tiba dihebohkan dengan suara misterius yang meraung di langit. Menurut salah seorang warga Pekalongan, Saidah (41), suara raungan mirip pesawat itu terdengar sangat keras dan berdurasi hampir 1 menit.

Saidah mendengar suara misterius tersebut pada pukul 00.30 WIB saat akan melaksanakan salat tahajud.

"Saya dengar seperti suara serigala, kan di sini banyak anjing. Kok ada serigala, tapi lama-lama suara itu mirip pesawat," ujar Saidah saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (14/12/2018).

Menurut dia, suara itu terdengar sangat keras seperti berada di atas genting. "Saya nggak berani keluar rumah, takut," kata dia.

 

(Rifqi Aufal Sutisna)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.