Sukses

Polda Metro Imbau Pendukung Persija Beri Contoh Konvoi Tertib Lalu Lintas

Perayaan kemenangan Persija menjuarai Liga 1 2018 digelar pada Sabtu 15 Desember 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan kemenangan Persija menjuarai Liga 1 2018 digelar pada Sabtu 15 Desember 2018. Pawai akan digelar dari Gelora Bung Karno hingga Balai Kota Jakarta dan diikuti pemain Persija hingga pendukung klub tersebut. 

Polisi pun mengimbau para pendukung Persija memberi contoh bagaimana konvoi yang tertib lalu lintas. Sehingga nantinya bisa diikuti oleh pendukung klub sepakbola di provinsi lain.

"Imbauannya ya peserta untuk menaati aturan lalu lintas. Kemudian menjadikan contoh sebagai pawai yang terbaik. Jadi nanti bisa dicontoh oleh kabupaten lain atau provinsi lain. Bahwa ini adalah pawai terbaik di Jakarta, yang santun gitu ya. Jadi itu mencerminkan harkat dan martabat bangsa dan negara kita," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jumat (14/12/2018).

Surat pemberitahuan konvoi juga sudah diterima pihaknya. Dan jajaran Polda Metro Jaya saat ini merencanakan pola pengamanan saat konvoi berlangsung dengan menghitung jumlah personel yang disiapkan dan lokasi atau rute yang akan dilalui.

"Jumlah baik itu lokasi, ada berapa personelnya, itu sedang didata," kata Argo.

Pada pengamanan ini, lanjut Argo, kepolisian juga akan bekerja sama dengan TNI. Sampai saat ini pihaknya belum memutuskan berapa personel yang akan diterjunkan mengawal konvoi Persija.

"Nanti ada rutenya, itu kan perlu ada kebijakan, perlu ada personel Polri di sana, nanti gabungan dengan TNI. Kira-kira melewati mana saja, kemudian ada berapa yan ditempatkan di sana (tiap rute)," pungkas Argo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesta Rakyat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kegiatan perayaan kemenangan Persija atas Mitra Kukar pada Sabtu 15 Desember 2018 semacam pesta rakyat yang terpusat di depan pendopo Balai Kota Jakarta.

Dia menjelaskan, setelah konvoi dari kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Persija akan disambut layaknya saat memenangkan Piala Presiden beberapa waktu lalu.

"Semacam pesta rakyat menyambut kemenangan Persija yang ini insyaallah babak baru bukan kemenangan terakhir," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (14/12/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, di depan pendopo disediakan layar lebar hingga adanya kegiatan musik. "Sehingga bagi mereka tidak berada di depan langsung itu masih tetap bisa menyaksikan," ucap dia.

Karena ada kegiatan itu, Anies mengimbau agar masyarakat dapat mengantisipasi adanya rute-rute di Ibu Kota yang mengalami kepadatan karena pawai Persija.

"Jalan Sudirman-Thamrin, Jalan Merdeka Selatan itu adalah rute yang besok akan padat. Jadi bagi yang mau berkegitan di luar kegaiatan karnaval," jelas Anies Baswedan.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.