Sukses

Tanpa Autopsi, Polisi Tetap Usut Kematian Adik Emil Dardak

Adik Emil Dardak, Eril ditemukan meninggal dunia di kamar kosnya di kawasan Bandung, Jawa Barat, Rabu 12 Desember 2018 sekitar pukul 11.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian tetap menyelidiki kasus kematian adik Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Emil Dardak, Eril Dardak. Penyelidikan tetap dilakukan meski tidak dilakukan autopsi karena tak mendapat persetujuan dari pihak keluarga.

Kepala Divisi Humas Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, penyelidikan dilakukan dengan menggali keterangan saksi-saksi dan memeriksa barang-barang yang ada di kamar indekos Eril, adik Emil Dardak.

"Kami akan mengungkap kasus ini. Prinsipnya adalah kematian tersebut wajar atau tidak. Kalau tidak wajar kami akan ungkap kasus ini, dan akan kami tangkap pelakunya," ujar Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (15/12/2018).

"Tapi kalau wajar, akan kami buktikan secara ilmiah, scientific identification," sambung dia.

Dalam kasus ini, kata Iqbal, penyidik juga bekerja sama dengan ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk memeriksa benda-benda yang ada di kamar indekos Eril.

"Kami sedang melakukan penyelidikan, saksi-saksi sedang kami periksa, siapa yang sering berkunjung. Kami mempunyai strategi dan kami sangat profesional di bidang itu, ada digitalisasi yang kami periksa," ucapnya.

Adik Emil Dardak, Eril ditemukan meninggal dunia di kamar kosnya di kawasan Bandung, Jawa Barat, Rabu 12 Desember 2018 sekitar pukul 12.00 WIB. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meninggal di Kamar Kos

Keluarga Eril Dardak memang menolak mengautopsi jasad mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang ditemukan meninggal di kamar kosnya pada Rabu 12 Desember 2018 itu. Pihak keluarga yakin, adik Wagub Jawa Timur terpilih Emil Dardak meninggal karena serangan jantung.

"Penyebabnya sakit jantung," ujar kakak Eril, Emil Dardak, usai pemakaman di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis 13 Desember 2018.

Bupati Trenggalek ini mengaku baru mengetahui penyebab kematian Eril Dardak saat memandikan jenazah sang adik. Menurut dia, bagian dada sampai kepala Eril terlihat biru-biru.

Tanda itulah yang membuat suami artis Arumi Bachsin itu yakin bahwa Eril meninggal karena serangan jantung. Meski demikian, Emil mengaku tak pernah tahu adiknya memiliki riwayat sakit jantung.

"Setahu saya dia enggak ada riwayat jantung," tutur Emil Dardak.

Jasad Eril Dardak ditemukan di kamar kosnya di kawasan Bandung, Jawa Barat, Rabu12 Desember 2018 sekitar pukul sebelas siang. Saat ditemukan, wajah Eril tertutup plastik. Sejumlah barang, seperti pompa kue juga ditemukan di sekitar jasadnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.