Komentar Jokowi soal Buku Jokowi Menuju Cahaya

Oleh Maria Flora pada 14 Des 2018, 07:44 WIB

Fokus, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri peluncuran buku perjalanan hidup Jokowi di sebuah hotel di Jakarta.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (14/12/2018), buku setebal 382 halaman ini menceritakan perjalanan hidup Jokowi dari kecil bersama orangtuanya hingga menjadi pengusaha mebel.

Kemudian hidupnya bergulir ke politik sejak menang menjadi Wali Kota Solo lalu naik jadi gubernur Jakarta dan kini menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Buku berjudul 'Jokowi Menuju Cahaya' ditulis Alberthine Endah untuk kedua kalinya.

"Menulisnya nggak lama ya sekitar 5 bulan, memang saya kejar akhir tahun ini supaya orang cepat-cepat baca juga," ucap Alberthine Endah.

Dalam acara penutupan, Jokowi sempat didapuk untuk berdialog dan mengomentari isi buku tentangnya di hadapan para undangan. Menurutnya, perjalanan hidup seseorang pasti ada naik dan turunya.

"Sebuah perjalanan panjang dalam kesulitan dan kekurangan dalam hidup itu akan menjadi sebuah bagian yang penting pada suatu saat kelak," jelas Jokowi.

Bagi teman-teman dekat dan politiknya, Jokowi juga dikenal memilik karakter berbeda, di antaranya ia memiliki mimpi bagi Indonesia. (Muhammad Gustirha Yunas)