Sukses

TNI-Polri Tangkap 22 Anggota KKB Papua Sepanjang 2018

TNI-Polri juga berhasil memetakan KKB yang kerap beraksi di Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Aparat gabungan TNI-Polri mengklaim berhasil menangkap anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang kerap menggangu keamanan di Papua. Setidaknya ada 22 anggota KKB yang diklaim telah ditangkap sepanjang 2018.

"Aparat gabungan TNI-Polri selama satu tahun ini sudah berhasil menangkap 22 pelaku dari kelompok tersebut dan sudah mengamankan 25 orang juga yang menyuplai senjata dan amunisi kelompok tersebut," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Selain itu, aparat gabungan juga berhasil menyita 20 pucuk senjata api dan 1.333 butir amunisi dari kelompok tersebut. Aparat juga telah mengidentifikasi KKB dan wilayah operasi mereka, termasuk kelompok pimpinan Egianus Kogoya yang melakukan pembantaian pekerja proyek Trans Papua.

"Ini artinya kelompok tersebut selain sudah diprofil dan di-mapping areal operasinya, kami juga sudah melakukan upaya penangkapan dan proses pidana terhadap kelompok tersebut," ucap Dedi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buru Pembantai

Hingga saat ini, tim gabungan TNI-Polri terus melakukan pengejaran terhadap KKB yang telah membantai para pekerja proyek Trans Papua di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga pada awal Desember 2018.

"Tim masih bergerak, khususnya mencari empat jenazah lagi yang belum ditemukan. Masih ada beberapa masyarakat yang masuk ke hutan, nanti akan dievakuasi dan dikembalikan lagi," kata Dedi memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.