Sukses

Anies Baswedan: Demokrasi di Jakarta Kian Matang

Anies menerima penghargaan tersebut bersama dengan Gubernur Yogyakarta, Gubernur Kalimantan Utara, dan Gubernur Bangka Belitung.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima penghargaan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) dari Menkopolhukam Wiranto. Anies menerima penghargaan tersebut bersama dengan Gubernur Yogyakarta, Gubernur Kalimantan Utara, dan Gubernur Bangka Belitung.

"Kami ingin menyampaikan apresiasi kepada tim yang melakukan kajian tentang Indeks Demokrasi Indonesia. Dan kami berterima kasih sekali penghargaan dari Bapak Menkopolhukam ini kepada warga Jakarta," ujar Anies usai menerima penghargaan di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Anies Baswedan mengatakan, dalam penilaian tersebut, DKI Jakarta mendapatkan angka 87,73 persen dalam aspek indeks kebebasan sipil. Sementara untuk aspek indeks hak politik dan lembaga-lembaga demokrasi, Jakarta mendapat angka masing-masing 80,06 dan 87,12.

"Jakarta menempati posisi tertinggi di Indonesia di antara semua provinsi yang ada. Ini menunjukkan adanya kematangan dari masyarakat Ibu Kota di dalam berdemokrasi," kata Anies Baswedan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Matangkan Sistem Demokrasi

Anies berharap, dengan penghargaan tersebut menjadi modal bagi seluruh wilayah di Tanah Air untuk terus mematangkan sistem demokrasi.

"Karena bila di Ibu Kota ada kematangan di dalam berdemokrasi, di dalam menjalankan hak-hak dasar, maka implikasinya bisa ke banyak tempat. Nah ini kemudian harapan kita ke depan akan bisa memperkuat, meningkatkan, dan menjaga," kata Anies.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.