Ribuan E-KTP Tercecer di Padang, Tjahjo Kumolo Siap Mundur dari Mendagri

Oleh Maria Flora pada 12 Des 2018, 16:10 WIB

Liputan6SCTV, Padang - Lagi-lagi ribuan E-KTP utuh ditemukan di Padang, Sumatera Barat. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo siap bertanggung jawab jika terbukti lalai dalam mengelola E-KTP.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (12/12/2018), di tengah semak-semak tempat pembuangan sampah warga di Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, ditemukan sedikitnya 1.000 E-KTP milik Dinas Dukcapil Kabupaten Pariaman.

E-KTP yang terbungkus di dalam dua plastik tersebut ada yang masih berlaku seumur hidup dan ada yang sudah habis masa berlakunya. Pihak Dinas Dukcapil pun mengakui, E-KTP yang ditemukan adalah milik instansinya, meskipun sudah tidak berlaku lagi.

Sementara itu, Tjahjo Kumolo mengatakan telah menginstruksikan jajarannya untuk memotong E-KTP yang tidak berlaku. Dengan tegas, Tjahjo Kumolo siap mundur jika terbukti lalai mengelola E-KTP.

Penemuan E-KTP yang diduga dibuang dengan sengaja di Padang, Sumatera Barat, bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, ditemukan 2.186 E-KTP di area perkebunan Pondok Kopi, Sabtu, 8 Desember pekan lalu. Namun, hingga kini siapa pelaku yang membuang E-KTP tersebut masih diselidiki kepolisian. (Galuh Garmabrata)