Sukses

Landasan Pacu Juanda Surabaya Ambles Saat Dilewati Pesawat Lion Air

Meski taxiway sempat amblas, tetapi seluruh operasional penerbangan tetap berjalan normal.

Liputan6.com, Jakarta - Landasan pacu atau taxiway yang ada di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, mendadak amblas pada Rabu (12/12/2018).

Peristiwa ini terjadi usai taxiway dilewati pesawat Lion Air JT316 dengan rute Surabaya-Banjarmasin.

Legal and Communications Section Head PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya, Yuristo mengatakan, pesawat mengalami kendala amblas saat berada di taxiway Bandara Juanda Surabaya, sekitar pukul 16.00 WIB.

"Notam dari Airnav pukul 17.15 WIB sampai dengan 21.10 WIB, tetapi pada pukul 19.00 WIB perbaikan sudah selesai," kata Yuristo seperti dilansir dari Antara, Rabu (12/12/2018).

Yuristo mengemukakan, pesawat dengan nomor registrasi PK-LGQ tersebut kemudian dipindahkan kembali ke Apron B untuk dilakukan pengecekan dan pemeliharaan.

"Sejumlah 169 penumpang dalam penerbangan tersebut menunggu kembali di terminal keberangkatan. Rencananya pihak Lion Air akan memberangkatkan para penumpang menggunakan pesawat lain dan tercatat, 8 orang di antaranya memutuskan membatalkan penerbangan menuju Banjarmasin tersebut," ucap Yuristo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerbangan Normal

Yuristo menyatakan, seluruh operasional penerbangan tetap berjalan normal. Sementara taxiway yang amblas telah ditutup untuk dilakukan perbaikan.

"Untuk kelancaran operasional, pesawat yang akan berangkat menggunakan taxiway lain," tuturnya.

Dia menambahkan, penyebab pasti kejadian ini masih akan diinvestigasi, sementara pihak Bandara Juanda berkonsentrasi pada perbaikan di lokasi kejadian.

"Hal itu dilakukan agar dapat segera digunakan untuk mendukung kelancaran operasional," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.