Sukses

Belajar dari Internet, Perajin Genteng Ubah Sampah Plastik Jadi BBM

Prihatin sampah plastik menumpuk, perajin genteng di Sukoharjo, Jawa Tengah, kelola sampah jadi bahan bakar alternatif dengan hanya belajar dari internet.

Fokus, Sukoharjo - Prihatin dengan menumpuknya sampah plastik, seorang perajin genteng di Sukoharjo, Jawa Tengah, berinisitaif mengelolah sampah plastik menjadi bahan bakar alternatif. Uniknya, hal itu dia pelajari dari internet.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (11/12/2018), berbekal hasil belajar di internet, Purwanto membuat alat bernama destilasi.

Cara membuat bahan bakar dari limbah plastik menurut Purwanto cukup sederhana. Sampah plastik yang dipilihnya dari warga sekitar dipilah terlebih dahulu.

Hasil sortiran lalu dimasukan ke dalam tabung destilasi untuk penyulingan. Proses penyulingan memakan waktu sekitar 4 jam. Uap dari tabung destilasi selanjutnya melalui tabung pendingin dan akan menetes lewat pipa khusus.

Tetesan uap dari penyulingan limbah plastik yang dibakar dalam alat destilasi ini yang menjadi bahan bakar alternatif.

Bahan bakar hasil olahan limbah plastik digunakan Purwanto untuk bahan bakar pengolah genteng dan juga sepeda motornya. Bahkan para tetangga Purwanto yang mayoritas perajin genteng bisa membelinya dengan harga Rp 7 ribu per botol.

Purwanto berharap pengolahan limbah plastik yang dilakukannya bisa ditiru warga demi menciptakan lingkungan yang asri dan sehat.  (Karlina Sintia Dewi)