Sukses

Wirausahawan Online Didorong Maksimalkan Kredit UMKM

Sahroni juga memberikan sejumlah tips untuk menjadi seorang pebisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni mendorong wirausahawan muda untuk dapat memaksimalkan program Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ditawarkan perbankan.

Dengan program UMKM, dikatakan Sahroni, para pelaku wirausaha online dapat lebih mengembangkan produknya. Terlebih sesuai program pemerintah yang menggalakkan UMKM, perbankan saat ini lebih membuka diri dalam pemberian kredit untuk usaha menengah ke bawah.

Sahroni juga memberikan sejumlah tips untuk menjadi seorang pebisnis. Menurut dia, ada empat faktor yang harus dimiliki untuk menjadi pebisnis. Yaitu kepribadian, kemampuan, keuletan, dan modal.

"Kepribadian merujuk pada sifat jujur, santun dan ramah dengan orang lain, setia kawan, serta tidak merendahkan orang lain," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (10/12/2018).

Sementara mengenai kemampuan ditekankan Sahroni melingkupi kemampuan berpikir terhadap apa yang diinginkan, diimpikan dan dilakukan. Kemampuan juga harus mencakup spesialisasi, ketelitian, dan keinginan belajar hal baru.

"Jangan sampai pribadi bagus tapi kemampuannya kurang," pesannya.

Perihal keuletan, Sahroni mengungkapkan sikap pekerja keras keras, pantang menyerah, berani dan fokus. Ia mengingatkan para pelaku bisnis sebaiknya fokus terhadap satu usaha dijalankan hingga memperoleh hasil baik, sebelum memikirkan peluang lainnya.

Terakhir, ia menegaskan pentingnya modal. Bukan harus berupa materi, namun modal terbesar adalah network dan track record yang baik. Ia berpesan para pelaku usaha online untuk tak minder bergaul dengan kalangan lebih tinggi guna memperluas jaringan.

"Relasi, modal berteman, bersahabat, bergaul yang bisa membantu menghasilkan usaha kita. Jangan anggap modal hanya duit. Duit bukan segalanya," imbau dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Tahun Harus Bertahan

Pria yang menjabat Presiden McLaren Club Indonesia ini mewanti-wanti pelaku usaha online untuk tak tergesa-gesa menaikkan omzet miliknya. Yang terpenting, dalam dua tahun pertama harus memiliki kemampuan bertahan. Setelah dua tahun terlewati, wirausahawan online dapat menaikkan omzetnya 50 hingga 100 persen.

“Kebanyakan orang ingin kaya cepet, pengen dapat duit instan, bagaimana menahan diri, ego untuk tidak melakukan itu memang tidak mudah, tapi dari sekarang harus membiasakan tahu diri kalau kita belum apa-apa,” ucapnya.

Dia pun kembali berpesan kepada para pengusaha untuk jangan pernah meremehkan orang lain atau menjadi kacang lupa kulitnya. Sebaliknya, pelaku wirausaha online juga tak perlu minder dengan umur yang masih terlalu muda ataupun memasuki masa usia lanjut.

"Selama memiliki tekad kuat, usaha yang dijalankan akan berhasil," ujar dia.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.