Sukses

Berbatik Cokelat, Jokowi Hadiri Acara Penyerahan Strategi Kebudayaan 2018

Jokowi menghadiri acara penyerahan Strategi Kebudayaan sebagai rangkaian acara Kongres Kebudayaan Indonesia Tahun 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri acara penyerahan Strategi Kebudayaan sebagai rangkaian acara Kongres Kebudayaan Indonesia Tahun 2018. Jokowi tiba di Panggung Kubah Bambu, Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Pusat mengenakan batik lengan panjang berwarna cokelat.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang mengenakan pakaian adat daerah berwarna ungu menyambut ketibaan Jokowi di halaman Kemendikbud, Minggu (9/12/2018).

Menurut keterangan dalam laman www.kongres.kebudayaan.id, Strategi Kebudayaan adalah kumpulan dari pokok-pokok pikiran dari seluruh daerah di Indonesia dalam Sidang Pleno Kongres Kebudayaan Indonesia 2018. Strategi itu berupaya memperkuat dan memoles hasil kerja seluruh insan kebudayaan di Indonesia yang dilakukan sejak Maret 2018.

Prosesi penyerahan kepada Jokowi merupakan bentuk penerjemahan dari esensi Strategi Kebudayaan, yang merupakan sebuah amanah untuk masa depan kebudayaan Indonesia.

Penyerahan Strategi Kebudayaan menjadi acara penutup dari rangkaian Kongres Kebudayaan Indonesia Tahun 2018 yang telah dimulai sejak Rabu 5 Desember.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Acara

Sejumlah acara yang dilaksanakan dalam kongres itu antara lain pameran objek pemajuan kebudayaan, lokakarya seni dan buku, pidato kebudayaan, pertunjukan seni musik dari beberapa daerah di Indonesia, pemutaran film hingga pentas wayang kulit, pawai budaya, sidang pleno, dan ditutup dengan Penyerahan Strategi Kebudayaan.

Tidak ketinggalan pemutaran film Indonesia, serta bazar kuliner laut dan demo memasak juga ditampilkan dalam rangkaian Kongres Kebudayaan Indonesia Tahun 2018.

Terdapat juga 30 seniman dari berbagai daerah turut dalam kongres ini.

Para seniman menghadirkan mural dengan ragam tema yang diambil dari 10 objek kebudayaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.