Sukses

KPK Ajak Masyarakat Jadi Agen Perangi Korupsi, Mulai dari Diri Sendiri

Wakil Ketua KPK mencontohkan cara paling mudah tidak korupsi adalah tidak menawarkan uang kepada petugas kepolisian jika terkena tilang di jalan raya.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengajak masyarakat ikut memerangi korupsi. Salah satu cara yang paling mudah ialah memerangi korupsi dari diri sendiri.

Dia mencontohkan cara paling mudah tidak korupsi adalah tidak menawarkan uang kepada petugas kepolisian jika terkena tilang di jalan raya. Demikian disampaikan Syarif usai menghadiri diskusi publik di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/12/2018).

"Pertama sebenarnya kita ingin mengambil momen peringatan Hari Antikorupsi sedunia ini untuk memperingatkan diri kita masing-masing. Untuk semua menjadi agen antikorupsi. Wartawan, masyarakat umum, mahasiswa, murid sekolah," jelasnya.

"Misalnya di sekolah mulai sekarang dia tidak nyontek. Seperti itu. Yang kedua kalau kita berurusan dengan aparat penegak hukum jangan kita menawarkan sesuatu atau berurusan dengan regulator jangan kita yang mulai menawarkan," sambung pimpinan KPK itu.

Syarif juga mencontohkan jika warga sedang mengurus berbagai kepentingan di kantor pemerintahan, warga harus menanyakan apakah ada biaya yang harus disetorkan. Jika ada, maka harus disertai kuitansi. Ini untuk mencegah praktik suap.

"Misalnya mau urus sesuatu. Tolong, Pak kuitansinya mana? Kalau tidak memberikan kuitansi jangan mau bayar," pesannya.

Di Hari Antikorupsi Sedunia ini, KPK juga mengingatkan para aparat pemerintah untuk menjadikan momentum ini sebagai bahan refleksi diri.

"Kita berharap kepada para aparat masak kita begini-begini terus. Kita ini bukan negara miskin sebenarnya. Kita ini negara sangat sangat sangat kaya. Tapi karena mismanajemen dari puluhan tahun sampai sekarang masih seperti ini," kata Syarif.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tangkap Ratusan Pejabat

Syarif juga mengucapkan selamat memperingati Hari Antikorupsi Sedunia kepada masyarakat Indonesia maupun dunia. KPK secara khusus memperingati momen ini pada tanggal 4 dan 5 Desember pekan lalu.

Dalam kegiatan yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan sejumlah pejabat lainnya, KPK memberikan penghargaan kepada sejumlah kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai berprestasi.

"Tema tahun ini korupsi di sektor politik. Karena banyak sekali elected official yang berurusan dengan KPK mulai dari bupati, Anggota DPRD, Anggota DPR pusat banyak sekali yang berurusan dengan KPK," ujarnya.

Sejak menjabat sebagai Komisioner KPK pada Desember 2015, Laode menyampaikan pihaknya telah menangkap sekitar 200 lebih pejabat baik eksekutif dan legislatif di tingkat pusat maupun daerah. Dari ratusan tersebut, jumlah kerugian negara mencapai ratusan miliar.

"Saya takut salah ya (nilai) total kerugian negaranya. Besar sekali. Tidak sampai triliun tapi ratusan miliar," kata Syarif.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Merdeka.com