Sukses

Jokowi Senam Tera Bersama 20 Ribu Orang di Kebun Raya Bogor

Senam ini dimulai dari pukul 07.45 WIB diawali dengan pelepasan balon ke udara oleh Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan Senam Tera Indonesia bersama 20 ribu peserta dari 26 provinsi di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Kegiatan dalam rangka Hari Tera Indonesia (HATERA) ke-33 itu, berhasil memecahkan record Original Indonesia untuk kategori Senam Tera Terbanyak Seluruh Indonesia.

Jokowi mengucapkan bangga karena bisa bergabung bersama para Terawan dan Terawati untuk senam Tera bersama.

"Saya sangat bangga dan bahagia bisa bergabung dalam senam Tera Indonesia, yang terpenting tetap sehat," kata Jokowi mengucapkan selamat melakukan senam Tera dan tetap menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani.

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim saya buka Senam Tera Indonesia," kata Presiden saat membuka Senam Tera Indonesia, Minggu (9/12/2018) seperti dilansir Antara.

Jokowi mengenakan jaket warna hitam dan celana hitam, sepatu sneaker, berbaur bersama puluhan ribu peserta senam Tera Indonesia yang datang dari 26 provinsi di Indonesia di lapangan Astrid Kebun Raya Bogor.

Provinsi Jawa Barat menjadi tuan rumah Senam Tera Indonesia ke-33 dan Kota Bogor sebagai tempat penyelengara, dan pada 2020 HATERA akan digelar di Jawa Tengah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Itu Senam Tera?

Senam Tera Indonesia merupakan latihan phisik dan mental, memadukan gerakan bagian-bagian tubuh dengan teknik dan irama pernapasan melalui pemusatan pemikiran yang dilaksanakan secara teratur, serasi, benar dan berkesinambungan.

Senam ini bersumber dari senam pernapasan Tai Chi yaitu senam yang mempunyai dasar pernapasan dipadukan seni bela diri, yang di Indonesia dikombinasikan dengan gerak peregangan dan persendian jadilah sebagai olah raga kesehatan.

"Tera" berasal dari kata "terapi" yang mempunyai arti penyembuhan atau pengobatan. Dalam praktik Senam Tera bukan saja mempunyai manfaat pengobataan (kuratif) tetapi bersifat pencegahan (preventif) dan mempunyai sifat penyembuhan sakit.

Senam ini dimulai dari pukul 07.45 WIB diawali dengan pelepasan balon ke udara oleh Presiden Jokowi. Seluruh peserta senam yang disebut Terawan kompak memakai pakaian kaus merah dan celana putih. Suasana Kebun Raya Bogor berubah merah putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.