Diterjang Puting Beliung, Atap Rumah di Bogor Beterbangan

Oleh Achmad Sudarno pada 06 Des 2018, 22:26 WIB
Diterjang Puting Beliung, Atap Rumah di Bogor Beterbangan

Liputan6.com, Jakarta Bangunan rumah dan pertokoan di tiga kecamatan di Kota Bogor, Jawa Barat diterjang angin puting beliung sekitar pukul 16.30 WIB, Kamis (5/12/2018). Kuatnya angin membuat atap rumah warga terbang hingga belasan meter.

Pantauan Liputan6.com, salah satu wilayah terdampak paling parah angin puting beliung terjadi di Jalan Saleh Danasasmita, Kelurahan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan. Bangunan rumah warga dan pertokoan porak poranda diterjang angin.

Bahkan, atap ruko pegadaian dan warung internet terbang hingga menutup ruas Jalan Saleh Danasasmita. Kubah masjid terbang menimpa rumah warga.

"Suaranya keras kayak bunyi tabrakan, saya ngeliat ke jendela anginnya berwarna hitam dan berputar. Saya lihat material-material beterbangan di udara" kata Handy Novian, warga Jalan Saleh Danasasmita, Kelurahan Cipaku.

Saat itu, seluruh penduduk terdengar mengumandangkan adzan di dalam rumah mereka masing-masing.

"Semua ga ada yang berani keluar. Tahu-tahu atap rumah tetangga terangkat dan terbang terbawa angin," kata Iis Nurlaela.

Ketua RW 07 Kelurahan Batu Tulis, Ade Suhendar menyebutkan ada 175 bangunan terdiri dari rumah dan pertokoan rusak diterjang angin puting beliung. Dari ratusan bangunan, tiga bangunan roboh.

"60 unit di wilayah RT0 1, 60 unit di RT 03, dan 55 unit di RT02. Umumnya kerusakan dibagian atap. Namun tingkat kerusakannya sangat parah," sebut Ade.

Camat Bogor Selatan Sujatmiko menyebut wilayah yang diterjang puting beliung meliputi Kelurahan Lawang Gintung, Cipaku, Batu Tulis, Rangga Mekar, Pamoyanan, dan Rancamaya,

Dari tujuh kelurahan tercatat sebanyak 770 bangunan rusak diterjang puting beliung.

"Jumlah ini dipastikan masih akan terus bertambah," kata Sujatmiko ditemui di lokasi.

2 of 3

Dirikan Tenda

Menurutnya, saat ini sebagian korban sudah diungsikan ke Masjid Nurul Hidayah dan Masjid Al Muhtadin. Ia menambahkan, petugas kepolisian juga sudah mendirikan tenda untuk dijadikan posko untuk tanggap bencana. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor kini menghentikan evakuasi puing atap yang bertebaran di sekitar lokasi kejadian. Hal ini mengingat di lokasi terjadi pemadaman listrik dampak bencana tersebut.

Sementara hingga saat ini, BPBD belum merilis jumlah kerusakan akibat angin puting beliung yang melanda sebagian wilayah Kota Bogor.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, angin puting beliung menerjang tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bogor Utara, Bogor Selatan, dan Bogor Timur.

Angin puting beliung juga menyebabkan pohon tumbang di Jalan Lawang Gintung dan Siliwangi. Dua unit kendaraan roda empat dan empat unit sepeda motor ringsek tertimpa pohon.

"Satu orang atas nama Enny Reno usia 45 tahun meninggal. Mobil yang dikemudikannya tertimpa pohon di Jalan Lawang Gintung," kata Kapolsek Bogor Selatan, Kompol Riyanto.

Imbas dari kejadian ini menyebabkan sejumlah ruas jalan macet total. Hingga pukul 21.30 WIB, sejumlah anggota Brimob masih melakukan evakuasi pohon tumbang di depan asrama Lawang Gintung.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓