Sukses

Puting Beliung Terjang Bogor, Pohon Tumbang Timpa Mobil

Angin puting beliung melanda Kota Bogor, Kamis (6/12/2018) sore.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras dan angin puting beliung melanda Kota Bogor, Kamis (6/12/2018) sore.

Selain merusak sejumlah bangunan, angin kencang tersebut juga membuat sejumlah pohon di Bogor bertumbangan. Di antaranya adalah di Jalan Lawanggintung.

"Telah terjadi pohon tumbang di Jl. Lawanggintung mengakibatkan beberapa kendaraan tertimpa pohon tersebut," tulis akun Dishub Kota Bogor di akut Twitternya, @dishubkotabogor, Kamis, sekitar pukul 16.20 WIB.

Dishub mengimbau para pengendara untuk berhati-hati karena saat ini musim hujan telah tiba.

Sementara itu, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor, Hadi Saputra menyatakan, kecepatan angin yang melanda wilayah Batu Tulis, Lawang Gintung dan sekitarnya di Kecamatan Bogor Selatan sekitar 30 knot (50 KM per jam) dalam satu hembusan.

"Sapuan angin biasanya mencapai 100 meter hingga 1 Km mengikuti arah angin," katanya, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, angin kencang ini terjadi karena bentukan awan kumulonimbus yang cukup matang di wilayah Bogor Selatan. Situasi ini berpotensi terjadi selama puncak musim hujan yang berlangsung di wilayah Bogor hingga akhir Februari 2019.

Selain angin kencang, hujan disertai petir dan kilat juga melanda wilayah Kota Bogor. Hujan ini berlangsung selama kurang lebih satu jam.

"Luara awan CB itu antara lain, angin kencang, petir sama hujan lebat," kata Hadi.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.