Sukses

Puting Beliung Landa Kota Bogor

BMKG menyatakan, angin kencang terjadi karena bentukan awan kumulonimbus yang cukup matang di wilayah Bogor Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kota Bogor, Jawa Barat, dilanda hujan dan angin kencang, Kamis (6/12/2018) sore. Peristiwa itu terjadi di Wilayah Bogor Selatan

Akibatnya sejumlah pohon patah dan bangunan rusak. Peristiwa angin kencang diperkirakan terjadi sekitar pukul 15.28 WIB yang diiringin hujan deras, kilat dan petir.

Pohon yang tumbang dan patah menimpa sejumlah kendaraan yang melintas, baik mobil pribadi dan angkutan umum.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor, Hadi Saputra menyatakan, kecepatan angin yang melanda wilayah Batu Tulis, Lawang Gintung dan sekitarnya di Kecamatan Bogor Selatan sekitar 30 knot (50 KM per jam) dalam satu hembusan.

"Sapuan angin biasanya mencapai 100 meter hingga 1 Km mengikuti arah angin," katanya, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, angin kencang ini terjadi karena bentukan awan kumulonimbus yang cukup matang di wilayah Bogor Selatan. Situasi ini berpotensi terjadi selama puncak musim hujan yang berlangsung di wilayah Bogor hingga akhir Februari 2019.

Selain angin kencang, hujan disertai petir dan kilat juga melanda wilayah Kota Bogor. Hujan ini berlangsung selama kurang lebih satu jam.

"Luara awan CB itu antara lain, angin kencang, petir sama hujan lebat," kata Hadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Diimbau Waspada

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan ekstrim yang masih berpotensi terjadi, dengan melihat tanda-tanda seperti diawali dengan petir.

"Jangan berada di lapangan, bawah pohon, atau papan reklame," ucap Hadi.

Peristiwa angin kencang yang melanda wilayah Batu Tulis, Bogor Selatan menyebar luas melalui pesan sosial, bahkan video saat detik-detik angin melanda wilayah tersebut juga terekam oleh masyarakat.

Saksikan video pilihan di bawah ini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.