Warga dan Komnas HAM Papua Gelar Aksi Lilin Terkait Insiden Penembakan

Oleh Mevi Linawati pada 06 Des 2018, 08:25 WIB
Diperbarui 06 Des 2018, 08:42 WIB

Fokus, Papua - Masyarakat Jayapura dan Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) perwakilan Papua, Rabu malam, menggelar aksi menyalakan 70 lilin di pusat Kota Jayapura.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (612/2018), aksi menyalakan lilin bersama ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan doa untuk proses evakuasi jenazah para pekerja yang tewas setelah dibantai oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, yang hingga kini belum berhasil dievakuasi.

70 lilin yang dinyalakan melingkari Taman Imbi Jayapura juga menandakan peringatan Hari Hak Asasi Manusia yang ke-70 yang jatuh pada tanggal 10 Desember setiap tahun.

"Ini juga pesan perdamaian sehingga permusuhan harus diakhiri, karena kekerasan itu tidak akan membawa simpati apapun di seluruh dunia, kita mohon kepada mereka (KKB) untuk tidak melakukan lagi," kata Kepala Perwakilan Komnas HAM Papua Frits Ramandey.

Hingga hari Rab, aparat TNI masih berusaha menuju ke lokasi kejadian. Namun terkendala oleh beratnya medan dan cuaca ekstrem serta ancaman dari kelompok bersenjata di wilayah tersebut.

Aparat gabungan TNI-Polri baru berhasil mengevakuasi satu jenazah TNI dan 4 korban pekerja jembatan Trans Papua yang selamat ke Wamena. (Muhammad Gustirha Yunas)