Sukses

Pulang ke Tanah Air, KDEI Taipei Berharap Kondisi Shinta Danuar Semakin Membaik

Kepala KDEI Taipei Didi Sumedi melepas langsung kepulangan Shinta Danuar di Bandara Taoyuan International Airport.

Liputan6.com, Jakarta Shinta Danuar, seorang PMI prosedural yang telah mendapatkan penanganan oleh pemerintah sejak mengalami sakit di Taiwan awal Januari 2015 lalu, telah kembali di Tanah Air pada tanggal 29 November 2018.

Shinta mengalami sakit kelumpuhan dan telah dirawat di Heping Hospital Hsinchu, Taiwan. Pemerintah Indonesia menanggung sepenuhnya biaya pemulangan hingga perawatan lanjutan Shinta Danuar di Indonesia.

Kepala KDEI Taipei Didi Sumedi turut melepas langsung kepulangan Shinta Danuar di Bandara Taoyuan International Airport, Kamis Pagi pukul 06.30 waktu Taipei (29/11/18).

Atas dasar permintaan keluarga, Tim KDEI Taipei telah memfasilitasi pemulangan dengan menggunakan fasilitas khusus Emergency Medical Services (EMS) yang dilengkapi dengan peralatan medis serta dokter dan perawat yang akan menjaga kondisi Shinta selama penerbangan dari Taiwan hingga ke Jakarta.

Ibunda Shinta bersama tim KDEI Taipei yakni Kabidnaker (Sri Indah Wijayanti), Analis Bidnaker (Kadir) serta didampingi staf Bidnaker juga turut mendampingi kepulangan Shinta.

Selain KDEI Taipei, beberapa Kementerian/Lembaga Indonesia ikut andil dalam kerjasama penanganan pemulangan Shinta Danuar, yakni Kemnaker, Kemlu, Kemsos, BNP2TKl, Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno Hatta, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno Hatta, Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat I R. Said Sukanto dan pihak lainnya.

Setelah tiba di Tanah Air, KDEI Taipei langsung menyerahkan kepada BNP2TKI, pada saat yang bersamaan langsung menuju ke Rumah Sakit Bhayangkara, R Said Sukanto POLRI Kramat Jati, Jakarta untuk perawatan intensif lanjutan.

 

Dalam sesi Konferensi Pers, Kepala BNP2TKI Nusron Wahid, menyerahkan wewenang dan tugas dari perawatan Shinta Danuar yang bekerja di Taiwan kepada Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita yang disaksikan langsung oleh perwakilan Kementerian/Lembaga terkait, masyawarakat serta media nasional.

Suriyati, ibu kandung PMI Shinta mengucapkan, banyak terima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan dokter yang telah membantu hingga bisa mengantarkan Shinta ke Rumah Sakit. Ia meminta jika Shinta memiliki kesalahan agar dibukakan maaf yang sebesar-besarnya.

Kepala KDEI Taipei Didi Sumedi menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap semua Kementerian/Lembaga terkait yang telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan baik selama penanganan PMI Sakit, Shinta Danuar.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu proses pemulangan Shinta Danuar kemarin. Alhamdulillah proses pemulangan berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan,” kata Didi Sumedi dalam keterangannya, Selasa (04/12/18).

Didi berharap agar kondisi Shinta Danuar makin membaik setelah tiba di tanah air serta dapat berkumpul dengan keluarga.

Kini Shinta Danuar mendapatkan perawatan intensif lanjutan di Rumah Sakit Bhayangkara, R Said Sukanto POLRI Kramat Jati, Jakarta.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini