Sukses

Ratusan Petani Sajikan Kopi Terbaik di Festival Kopi 2018

Festival Kopi 2018 hadirkan ratusan petani yang sajikan kopi terbaik di kawasan hutan kaki Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung Barat - Ratusan petani menyajikan biji dan hasil kopi terbaiknya dalam Festival Kopi 2018, di kawasan Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Uniknya, fesival kopi kali ini digelar di arena terbuka tepatnya di kawasan hutan kaki Gunung Tangkuban Perahu.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (3/12/2018), para pengunjung khususnya penikmat kopi bisa merasakan langsung ciri khas alami kopi dari sejumlah petani yang menanam kopi di berbagai hutan di Jawa Barat.

Dalam festival, dihadirkan biji kopi terbaik, yang ditanam para petani di 12 hutan yang tersebar di pegunungan di Jawa Barat. Kopi berasal dari petani Malabar, Kabupaten Bandung, Burangrang, Kabupaten Bandung Barat, Garut, Sukabumi dan Bogor.  

Sejarah kopi di Indonesia, memang tidak lepas dari Jawa Barat. Data dan informasi dari Perum Perhutani menyebutkan, kopi pertama kali ditanam di wilayah Priangan pada tahun 1696 oleh Belanda.  

Saat ini tercatat 30 ribu ribu hektar lahan hutan di Jawa Barat, telah ditanami kopi. (Karlina Sintia Dewi)  Â