Sukses

PMI Kekurangan 900 Ribu Kantong Darah Tiap Tahun

Kebutuhan kantong darah di Indonesia mencapai rata-rata 5,1 juta kantong per tahun

Liputan6.com, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) mengalami kekurangan rata-rata sekitar 900 ribu kantong darah per tahun. Persediaan kantong darah tak mampu memenuhi kebutuhan tiap tahunnya.

"Kebutuhan kantong darah di Indonesia mencapai rata-rata 5,1 juta kantong per tahun, sementara yang terpenuhi sekitar 4,2 juta kantong darah per tahun," kata Ketua Pelaksana Harian PMI pusat Ginanjar Kartasasmita.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri kegiatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2018 di Grand Metropolitan Mal Bekasi, Jawa Barat, Minggu (2/12/2018) siang seperti dilansir dari Antara.

Dalam acara itu, dilakukan kegiatan donor darah dengan target 5.000 kantong dari para pendonor di wilayah Bekasi dan sekitarnya.

Menurut Ginanjar, pihaknya tengah mengintensifkan penggalangan donor darah dari masyarakat berbagai kalangan di Indonesia.

"Angka yang kurang dari target ini mengakibatkan banyak rumah sakit masih mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah," ungkap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertahap di 60 Lokasi

Ketua Bidang II Kesetiakawanan Sosial Nasional, Nanda Widya, mengatakan penggalangan 5.000 kantong darah ini dilakukan secara bertahap di 60 lokasi.

Peringatan HKN yang rutin digelar setiap 20 Desember ini merupakan bentuk konsistensi pihaknya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang sosial.

Nanda yang juga menjabat sebagai Komisaris PT Metland mengatakan, pekan donor darah ini digelar sejak awal November 2018 di sejumlah lokasi, di antaranya Perumahan Metland Menteng, Metland Cibitung, Metropolitan Mal Bekasi, Rumah Sakit Mitra Keluarga.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.