Sukses

Tebing Longsor di Puncak, Kendaraan Besar Hanya Sampai Kawasan Gunung Mas

Puluhan pekerja terus merampungkan bagian tebing yang longsor sepanjang kurang lebih 50 meter.

Liputan6.com, Bogor - Pantauan drone di Jalur Puncak, tepatnya di kawasan Riung Gunung, Bogor, Jawa Barat, menunjukkan lajur jalan yang tadinya ada dua kini mengecil akibat proses perbaikan jalur yang longsor.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (1/12/2018), puluhan pekerja terus merampungkan bagian tebing yang longsor sepanjang kurang lebih 50 meter. Konstruksi perkuatan tebing yang kemungkinan diisi beton atau batu sebagian ditutupi terpal.

Satuan Lalu Lintas Polres Bogor memberlakukan kanalisasi dan pembatasan kendaraan dengan sistem buka tutup secara bergantian. Baik dara arah Jakarta menuju Puncak dan Cianjur, maupun sebaliknya.

Sementara, kendaraan besar dilarang melintas, sebab, getarannya berpotensi menimbulkan retakan tambahan.

"Kita mengurangi kendaraan-kendaraan yang melintas, karena akan menyebabkan getaran-getaran tambahan. Dan kita petugas kepolisian, akan melakukan pembatasan kendaraan," kata Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama.

Kendaraan besar dan truk termasuk bus pariwisata dari arah Jakarta kini hanya diizinkan sampai kawasan Wisata Gunung Mas. Untuk arah Cianjur, diarahkan lewat jalur alternatif Jonggol, Cariu, dan Cibubur Cileungsi. Perbaikan ditargetkan rampung akhir Desember. (Rio Audhitama Sihombing)Â