Sukses

Rumah Warga di Kaltim Ambruk Tergerus Tanah Usai Diterjang Longsor

Pemilik yang menyaksikan bangunan rumahnya ambruk hanya bisa pasrah dan sedih menyaksikan bangunan yang selama ini mereka tempati sudah tak tersisa.

Fokus, Kutai Kartanegara - Bak ditelan bumi, sejumlah bangunan dan rumah warga di Sanga-Sanga, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Kamis sore luluh lantak.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (30/11/2018), detik-detik sejumlah bangunan dan rumah warga yang ambruk tergerus tanah longsor ini terekam kamera tim liputan Indosiar dan SCTV di kawasan Jalan Poros, Desa Kampung Jawa, Sanga-Sanga, Kutai Kartanegara.

Ambruknya bangunan ini diawali suara retakan-retakan bangunan yang disusul suara gemuruh.

Pemilik yang menyaksikan bangunan rumahnya ambruk hanya bisa pasrah dan sedih menyaksikan bangunan yang selama ini mereka tempati sudah tak tersisa. Sementara, warga lain menyebut saat kejadian awal seluruh warga panik lantaran musibah tersebut tidak terduga. Beruntung warga sempat menyelamatkan diri lari keluar rumah.

Untuk menghindari jatuhnya korban jiwa, polisi melarang warga mendekati longsoran, termasuk petugas dan relawan kemanusiaan. Polisi pun belum mendapatkan informasi adanya korban jiwa. Diduga kontur tanah yang berpasir menjadi pemicu longsor ini.

"Kontur tanahnya berpasir sehingga itu mudah," ucap Kapolsek Sanga-Sanga Iptu Afnan.

Tidak hanya merusak rumah warga, bencana ini pun memutuskan akses jalan. Akibatnya, para pengguna jalan terpaksa harus mencari alternatif lain untuk melintas. (Muhammad Gustirha Yunas)