Harga Sembako Naik, Pedagang dan Pembeli Resah

Oleh Maria Flora pada 28 Nov 2018, 14:15 WIB
Diperbarui 28 Nov 2018, 16:52 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya wortel, berbagai komoditas sayuran lainnya juga kembali naik di penghujung tahun. Di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, harga sayur kol naik dari Rp 4 ribu menjadi Rp 11 ribu per kilogram.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (28/11/2018), kondisi ini berimbas ke tingkat pasar eceran. Di Pasar Palmerah, harga sayur kol naik menjadi Rp 12 ribu per kilogramnya.

Lonjakan harga juga terjadi pada bahan pokok lainnya, seperti telur ayam negeri dan ayam potong. Tidak hanya pembeli, para pedagang pun resah.

Sementara itu, harga beras kembali stabil setelah Bulog melakukan operasi beras di pasar. Namun, di sejumlah daerah di Pulau Jawa, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Maluku harga beras masih terbilang tinggi. 

Bulog mengakui serapan beras jenis medium di pasaran yang digelontorkan masih rendah. Cuaca juga menjadi salah satu faktor utama kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran. Masyarakat pun berharap pemerintah bertindak cepat menekan harga kebutuhan pokok yang cenderung selalu naik jelang akhir tahun. (Rio Audhitama Sihombing) 

Live Streaming

Powered by