Jokowi Resmikan Tol Sragen-Ngawi

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 28 Nov 2018, 10:00 WIB
Diperbarui 28 Nov 2018, 10:00 WIB
Hanz Jimenez Salim/Liputan6.com
Perbesar
Jokowi meresmikan tol Sragen - Ngawi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi membuka pengoperasian jalan tol Sragen-Ngawi. Peresmian ini dilakukan di kilometer 538 jalan tol Solo-Ngawi, Jawa Tengah.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan jalan tol Ngawi-Sragen," kata Jokowi sambil menekan tombol sirine tanda meresmikan ruas tol tersebut, Rabu (28/11/2018).

Dengan beroperasinya tol ini diharapkan dapat menghubungkan seluruh jalan tol yang ada di Jawa.

"Artinya sebentar lagi dari Jakarta sampai Surabaya di akhir tahun ini Insyaallah sudah sambung semuanya," ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, masih ada sejumlah ruas tol yang masih dikerjakan hingga kini. Di antaranya Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo, dan Wilangan-Kertosono.

Jokowi menambahkan, bahwa ruas tol tersebut dipastikan bakal rampung dalam waktu dekat.

"Yang kurang itu, tadi saya tanyakan ke Menteri BUMN, Dirjen Bina Marga, beliau mengatakan pertengahan Desember 2018 selesai semuanya. Bapak tinggal mencari waktu kapan meresmikannya," terang Jokowi.

Sejumlah menteri dan pejabat daerah Jawa Tengah turut hadir mendampingi Jokowi saat meresmikan tol ini. Mereka Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono.

 

2 dari 2 halaman

Panjang 90,43 kilometer

Jalan tol ini bagian dari jaringan jalan Tol Trans Jawa, yang tergabung dalam proyek strategis nasional. 

Secara keseluruhan, tol ini memiliki panjang 90,43 kilometer. Proyek ini dikerjakan oleh pemerintah dan PT Jasamarga Solo Ngawi. 

Jalan tol ini akan dilengkapi delapan Gerbang Tol (GT). Antara lain, GT Colomadu, GT Bandara, GT Ngemplak, GT Purwodadi, GT Karanganyar, GT Sragen, GT Sragen Timur, dan GT Ngawi (Kota Ngawi).

Jalan Tol Solo-Ngawi ini terdiri dari tiga tahapan pengoperasian. Tahap I segmen SS Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 km telah beroperasi sejak 30 Maret 2018. Tahap II Kartasura-Sragen diresmikan pada 15 Juli 2018. Terakhir, Tahap III Sragen-Ngawi yang telah mendapat sertifikat laik operasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓