YPP SCTV-Indosiar Gelar Operasi Katarak Gratis di Kutai Kartanegara

Oleh Maria Flora pada 28 Nov 2018, 08:19 WIB
Diperbarui 28 Nov 2018, 08:19 WIB

Liputan6.com, Kutai Kartanegara - Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih SCTV-Indosiar kembali menggelar bakti sosial untuk warga tidak mampu di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Bakti sosial berupa operasi katarak gratis ini hasil kerja sama dengan Perhimpunan Dokter Sepesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (28/11/2018), warga Kecamatan Kenohan, Kahala dan Kecamatan Kembang Janggut mulai memadati Puskesmas Kembang Janggut sejak pagi.

Sebelumnya, setiap pasien yang akan menjalani operasi katarak, terlebih dahulu menjalani tes kesehatan. Dari hasil seleksi tersebut, terdapat 90 warga yang lolos seleksi dan berhak mendapatkan operasi katarak gratis hasil kerjasama YPP dengan Perdami.  

Dari data Perdami, di Indonesia saat ini ada sekitar 1 juta orang buta akibat penyakit katarak. Sementara, di Kalimantan Timur penyebab tingginya buta katarak akibat akses yang sulit untuk mencapai rumah sakit terdekat. (Karlina Sintia Dewi)