Sampah Menggunung di Pintu Air Manggarai Usai Hujan

Oleh Maria Flora pada 27 Nov 2018, 12:44 WIB

Fokus, Jakarta - Persoalan sampah di Pintu Air Manggarai, Menteng, Jakarta Pusat, tidak pernah ada habisnya. Walaupun petugas dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Badan Air DKI Jakarta sudah melakukan pembersihan setiap hari, tumpukan sampah masih terlihat menggunung, Selasa pagi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (27/11/2018), gunungan sampah ini terjadi akibat hujan yang mengguyur wilayah Jakarta, Bogor, dan sekitarnya, Senin malam kemarin. Sampah didominasi sampah rumah tangga dan alam yang terbawa aliran Sungai Ciliwung.

Menurut petugas Pintu Air Manggarai, sampah mulai datang sekitar pukul 20.00 WIB dan langsung dilakukan pembersihan sejak Selasa dini hari.Hal ini guna mengantisipasi penyumbatan di Pintu Air Manggarai.

Sekurang-kurangnya ada dua alat berat jenis eskavator dan belasan truk diterjunkan untuk proses pengangkatan sampah. Selanjutnya, sampah dibawa ke TPS Perintis berlanjut ke TPA Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Untuk ketinggian air di Pintu Air Manggarai masih di atas normal yaitu 650 cm. Petugas mengimbau warga di bantaran sungai untuk tetap waspada mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan. (Rio Audhitama Sihombing)