Jelang Natal dan Tahun Baru, Polri Fokus Amankan Tempat Ibadah

Oleh Nafiysul Qodar pada 27 Nov 2018, 06:52 WIB
Diperbarui 27 Nov 2018, 07:16 WIB
Polisi Bersenjata Lengkap Jaga Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Polri telah memetakan potensi kerawanan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pengamanan jelang Nataru akan difokuskan di tempat-tempat ibadah hingga lokasi wisata.

"Ancaman potensi yang akan terjadi pada akhir tahun sudah diantisipasi oleh anggota Polri, baik tempat ibadah, tempat keramaian, dan tempat wisata. Semuanya masuk dalam pantauan pengamanan dari aparat kepolisian dibantu TNI, Kemenhub dan Pemda," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Jakarta Selatan, Senin (26/11/2018).

Kepolisian tidak menargetkan gereja tertentu sebagai fokus utama pengamanan saat perayaan Natal. Polisi memastikan, semua tempat ibadah umat kristiani mendapatkan porsi pengamanan maksimal.

"Semua tempat ibadah kita lakukan pengamanan secara maksimal dalam rangka menjamin saudara kita umat kristiani menjalankan ibadah dengan damai dan aman," kata Dedi.

Namun Jenderal bintang satu itu belum bisa memastikan berapa jumlah personel Polri yang disiagakan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru. Dalam waktu dekat ini, Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan mengumpulkan seluruh kapolda untuk persiapan pengamanan.

 

2 of 3

Bekerja Sama dengan Kementerian

Polisi Bersenjata Lengkap Jaga Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta
Suasana pengamanan di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (30/3). Pengamanan di Gereja Katedral ini dilakukan oleh personel gabungan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain ancaman keamanan dan ketertiban masyarakat, Polri juga bekerja sama dengan sejumlah kementerian dan lembaga untuk memastikan liburan Natal dan Tahun Baru berjalan lancar. Salah satunya memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan kebutuhan pokok aman.

"Untuk memastikan bahwa di bulan Desember itu ketersedian harga kebutuhan pokok semuanya tersedia dan harganya terjangkau masyarakat. Kedua ketersediaan masalah BBM bagi masyarakat terjamin, BBM stoknya bagus dan aman," ucap Dedi.

"Kemudian dari sisi perhubungan dan lalu lintas kenyamanan seluruh masyarakat dalam rangka melaksanakan aktivitas di Natal dan Tahun Baru semuanya dapat terjamin dan aman,"Dedi memungkasi.

 

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by