Kisah Wanita Difabel Jadi Guru Anak Berkebutuhan Khusus di Boyolali

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 25 Nov 2018, 12:03 WIB

Fokus, Boyolali - Demi memenuhi hak pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, seorang wanita difabel di Boyolali, Jawa Tengah, rela berkarya menjadi guru di sebuah sanggar paud inklusi. Tidak hanya mendidik anak berkebutuhan khusus, sang wanita bersama rekan-rekannya yang lain juga memberikan keterampilan bagi para orang tua.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Mingu (25/11/2018), wanita itu bernama Titik Isnaini asal Desa Ringinlarik, Kecamatan Musuk, Boyolali, Jawa Tengah.

Setiap pagi, Titik dibantu dua temannya memberikan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di paud inklusi yang didirikan di depan rumahnya. Pendirian paud dilakukan karena banyaknya anak berkebutuhan khusus yang kerap ditolak sekolah biasa.  

Tidak hanya mendidik anak berkebutuhan khusus, di paud tersebut  juga diberikan pelatihan ketrampilan bagi para orang tua. Mereka diberi ketrampilan membuat karya tangan berupa tas rajut dan tas dari kain perca.  

Semangat untuk memberikan hak pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus menjadi salah satu motivasi Titik Isnaini untuk terus berkarya. (Karlina Sintia Dewi)