Kala Hujan Es hingga Pohon Tumbang Landa Ibu Kota

Oleh Maria Flora pada 23 Nov 2018, 08:02 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras mengguyur sebagian wilayah Ibu Kota Jakarta pada Kamis sore. Bahkan di wilayah Jakarta Pusat, derasnya hujan diwarnai hujan es.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (23/11/2018), di wilayah Jalan Jenderal Sudirman, sebagian besar warga dan pengguna jalan memilih berlindung di bawah bangunan agar tidak terkena hujan es. Sementara, sebagian pengguna jalan tetap nekat melaju di bawah guyuran hujan.

"Semuanya pada berlindung, sebagian lari-lari," kata warga bernama Jono.

"Lama hujannya sekitar 1 jam," ucap warga Riki.

Saat hujan reda, giliran petugas PPSU bekerja. Hujan deras yang mengguyur disertai angin kencang menumbangkan sejumlah pohon di beberapa titik Ibu Kota.

Pohon tumbang di kawasan Kemayoran menimpa gardu listrik dan mengganggu persinyalan kereta api listrik dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Manggarai. Petugas PPSU dibantu pegawai kereta api segera mengevakuasi badan pohon agar aktivitas kereta bisa berjalan normal.

Selain itu, penutupan jalan akibat pohon tumbang dilakukan di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, atau tepatnya di depan rumah dinas kedutaan besar Belanda.

"Curah hujan deras sekali disertai angin, memang rata-rata di sini pohonnya sudah tua dan besar," ujar warga/sekurit Ari.

Sementara itu, pohon tumbang di kawasan MH Thamrin menimpa sebuah mobil bak terbuka persis disamping gedung Bawaslu. Akibatnya, sepanjang ruas Jalan MH Thamrin menuju ke Kebon Kacang dan arah sebaliknya ditutup sementara hingga proses evakuasi usai. (Muhammad Gustirha Yunas)