Sukses

DPR Lantik Wakil Ketua MKD Pengganti Sarifuddin Sudding

Fadli tidak mengentahui pasti mengapa MKD memilih pimpinannya dari Fraksi Partai Hanura.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon melantik Fadholi sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) menggantikan posisi Sarifuddin Sudding dari Fraksi Partai Hanura. Pelantikan itu, dilakukan menindaklanjuti surat keputusan presiden terkait pergantian Sudding sebagai anggota DPR.

"Di dalam rapat atau musyawarah yang dijalankan seluruh anggota MKD yang kuorum itu telah menetapkan dan menyepakati secara mufakat saudara Fadholi untuk menjadi pimpinan baru dari MKD dari Fraksi Nasdem," kata Fadli usai melantik pimpinan baru MKD, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

"Jadi karena kesepakatan dan permufakatan itu tentu saja saya kira sudah menjadi domain sesuai Pasal 280 ayat 2 jadi dilakukan secara musyawarah mufakat tadi kita melantik saudara Fadholi untuk menjadi pimpinan MKD," sambung dia.

Fadli tidak mengetahui pasti mengapa MKD memilih pimpinannya dari Fraksi Partai Nasdem. Dia hanya memastikan, pergantian itu sesuai dengan kesepakatan rapat di internal MKD DPR.

"Ini berdasarkan hasil yang ada di dalam MKD sendiri saya kira sudah ada pernah presedennya ketika itu pergantian termasuk pimpinan," ungkap Wakil Ketua DPR itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lumrah

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menegaskan, pergantian ini adalah hal yang lumrah. Dia berharap Fadholi bisa menjalankan tugasnya dengan baik

"Tentu MKD sebagai alat kelengkapan dewan yang penting untuk menegakan etik di DPR saya kira akan bekerja profesional dan sesuai dengan aturan," ucap Fadli Zon.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.