Sukses

Alami Sakit Hebat di Perut, Wagub Jabar Operasi Usus Buntu

Awalnya, Wagub Jabar merasakan rasa sakit di perut bagian bawah. Sakit itu timbul dan hilang sejak tiga tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar), Uu Ruzhanul Ulum menjalani operasi usus buntu di salah satu rumah sakit yang ada di Kota Bandung, beberapa waktu lalu. Dia pun harus beristirahat selama sepekan.

"Selama masa istirahat, setelah operasi, saya harus menjaga asupan makanan dan minuman," kata Uu Ruzhanul Ulum ketika dihubungi melalui telepon di Bandung, Sabtu (17/11/2018).

Awalnya, dia merasakan rasa sakit di perut bagian bawah. Sakit itu timbul dan hilang sejak tiga tahun lalu. Mengetahui hal tersebut, dia pun empat kali periksa ke rumah sakit. Namun, hasil diagnosisnya selalu sama. Dia dinyatakan memiliki masalah pada ginjal.

"Sehingga saya berkali-kali meminum obat ginjal ini karena ada gangguan kencing. Namun rasa sakitnya memuncak setelah saya menjalani kunjungan kerja ke Belgia awal bulan ini," ujar Uu.

Selama perjalanan ke Belgia, dia harus duduk selama delapan jam di pesawat Jakarta-Doha, ditambah tujuh jam untuk perjalanan Doha-Brussels, termasuk saat perjalanan pulang ke Tanah Air.

"Rasa sakit mulai terasa lagi dan saya hanya minum obat penahan rasa sakit. Mungkin kambuh karena kelamaan duduk. Dan kurang minum," kata Wagub Jabar.

Pada Rabu 15 November 2018, setelah memimpin rapat koordinasi siaga bencana di BPBD Jabar, dia kembali merasakan sakit di perut. Sakitnya semakin hebat dan disertai demam.

"Saya sempat ke RS Salamun dan diusulkan untuk periksa usus. Terus berobat ke RS Santosa Bandung dan melakukan CT Scan, barulah diketahui bahwa sebenarnya saya menderita pembengkakan usus buntu," kata dia seperti dilansir Antara.

"Alhamdulillah operasinya canggih, tidak dibedah banyak, cukup membuat tiga lubang kecil di perut. Operasinya pakai alat canggih, pakai kamera segala jadi ada fotonya," lanjut Uu.

Ia sudah bisa dipersilakan pulang keesokan harinya dan harus beristirahat selama sepekan dan walau disebutkan akan cepat pulih oleh dokter, namun masih terasa sakit saat berjalan kaki.

"Untuk sementara itu istirahat dulu saja, makannya tidak boleh yang pedas dan berminyak dulu. Makan bubur dulu. Aktivitas dikurangi dulu jangan banyak gerak," kata Wagub Jabar Uu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Kang Emil

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil M Ridwan Kamil atau Emil akan segera mencari waktu untuk menengok Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

"Pak Uu kemarin itu sakit, dioperasi usus buntu. Saya juga belum menjenguk beliau. Mau cari waktu dulu buat nengok Pak Uu," kata Gubernur Emil.

Pihaknya memastikan roda pemerintahan di Provinsi Jawa Barat tidak akan terpengaruh dengan sakitnya Wakil Gubernur Jawa Barat.

Menurut dia, tugas dan kewajiban Uu Ruzhanul Ulum sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat untuk sementara bisa ditangangi oleh Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa.

"Tugas Pak Uu itu mewakili saya. Tapi saya kira enggak ada masalah ya, paling empat lima hari juga sudah bisa kembali beraktivitas ya," kata Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.