Sukses

Musim Hujan Tiba, Dishub DKI Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Banjir

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah memetakan wilayah langganan banjir di Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah memetakan wilayah langganan banjir di Ibu Kota. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan pemetaan itu dilakukan dengan menggelar survei.

Pemetaan tersebut salah satunya berfungsi untuk membuat rekayasa lalu lintas ketika banjir terjadi di musim penghujan tahun ini.

"Rekayasa lalu lintas ini hadir saat antisiapsi penanganan maupun setelah kejadian. Ada beberapa lokasi yang memang rutin terkena banjir, seperti Cipinang Melayu," kata Sigit di Mapolda Metro Jaya, Jumat (16/11/2018).

Tak hanya Cipinang Melayu, Sigit menyebut rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di Kelapa Gading, Tanjung Priok, Jakarta Utara dan Kemang, Jakarta Selatan. Akan tetapi, dia enggan menjelaskan secara rinci mengenai rekayasa saat banjir tersebut.

"Yang jadi concern Dishub adalah memberikan infomasi dini kepada masyarakat apabila terjadi pengalihan arus," ucap Sigit.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sediakan Sarana Prasarana Pendukung

Sigit menyatakan, pihaknya akan menyediakan beberapa kendaraan bantu seperti mobil derek ukuran sedang ataupun besar ketika banjir datang.

Selanjutnya, Pemprov DKI pun akan menyediakan kendaraan rescue serta beberapa rambu-rambu portabel.

"Kendaraan rescue itu ada perangkat yang digunakan bila terjadi kecelakaan atau bencana. Kita juga menyiapkan personel yang siap mengatur dan membantu lalu lintas saat banjir," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.