Menhub Budi Karya Beber Capaian 4 Tahun Jokowi-JK ke Generasi Milenial Sumsel

Oleh Yusron Fahmi pada 17 Nov 2018, 16:23 WIB
20170108-Menhub Tinjau Proyek LRT Jabodetabek-Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membeberkan sejumlah capaian 4 tahun pemerintahan Jokowi-JK kepada generasi milenial yang berasal dari beberapa pesantren, perguruan tinggi, taruna sekolah ASDP dan calon pramugari di Sumatera Selatan.

Salah satu yang disampaikan Menhub adalah masifnya pembangunan, baik tol maupun infastuktur. Bahkan kepada peserta, Budi Karya sengaja menumpang helikopter menuju lokasi acara bersama Gubernur Sumsel untuk melihat lalulintas di Palembang, titik mana saja yang masih kerap terjadi kemacetan sekaligus ia ingin memastikan pembangunan jalan tol Betung.

"Pemerintah dalam kurun waktu tiga tahun 2015 sampai 2018 telah membangun 511 kilometer jalan tol, sementara selama 36 tahun sejak 1978 hingga 2014 hanya 748,47 kilometer jalan tol," kata Budi Karya dalam dialog dengan peserta di Aula Sedulang Setudung Banyuasin, Sabtu (17/11/2018)

Khususnya di Kabupaten Banyuasin, kata Budi, pemerintah akan membuatnya sebagai contoh model transportasi sungai bagi seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

"Jadi bagaimana pelabuhanya, kapalnya, tak lain maksud pemerintah adalah bagaimana Banyuasin itu produktif," ujar Budi Karya.

Mantan Dirut Angkasa Pura II itu menambahkan, pemerintah Provinsi Sumatera Selatan juga telah bersepakat dengan Kementrian Pertanian untuk membuka 100 ribu hektar sawah khusus bagi Kabupaten Banyuasin.

 

2 of 2

Beragam Bantuan

Sementara Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengakui telah banyak bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah pusat terhadap masyarakat Sumsel. Seperti 32 unit bantuan Bus Rapid Transit (BRT), pelabuhan Tanjung Siapi-api yang tinggal menunggu waktu untuk dapat dioperasikan.

Belum lagi, sambung Herman, tiga tol baru yang akan dibangun pada 2019 yang akan datang yakni Indralaya - Muara Enim sepanjang 110 kilometer, Muara Enim- Lahat - Lubuk Linggau sepanjang 125 kilometer dan Lubuk Linggau - Bengkulu sepanjang 95 kilometer.

"Tidak cukup waktu kita untuk menguraikan satu persatu bantuan yang sudah diberikan pemerintah untuk kita, begitu banyak Sumsel ini mendapat perhatian dari pemerintah pusat," kata Herman.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓